Comscore Tracker

Kalahkan Ridwan Kamil, Anies Baswedan Jadi Ketua APPSI 2019-2023

Kiprah Anies memimpin seluruh gubernur di Indonesia dinanti

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terpilih menjadi Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) 2019-2023. Ia terpilih setelah unggul suara dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang hanya dipilih sembilan orang.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menggantikan ketua sementara APPSI sebelumnya yakni Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola.

"Ini adalah sebuah kehormatan. Karena ini dititipkan, InsyaAllah saya akan jalankan dengan sebaik-baiknya," ujar Anies usai serah terima jabatan di Jakarta, Rabu (27/11).

1. Anies siapkan program yang ditawarkan ke pemerintah pusat

Kalahkan Ridwan Kamil, Anies Baswedan Jadi Ketua APPSI 2019-2023Dok.IDN Times/Istimewa

Anies menjelaskan, salah satu usulan dari sebagian besar anggota APPSI adalah penghitungan alokasi pembangunan di daerah kepulauan ini. 

"Bagi kawasan-kawasan yang kepulauan dan penduduknya sedikit, akhirnya kecepatan pembangunannya jadi rendah, karena jumlah penduduknya tidak banyak, bentuknya kepulauan. Nah, itu salah satu program adalah menyusun format baru untuk ditawarkan kepada Pemerintah Pusat di dalam membantu pembangunan di daerah. Itu salah satunya," ungkapnya.

Baca Juga: Anies Tegur Anak Buahnya yang Marahi Seniman Senior TIM 

2. Langkah pertama Anies setelah jadi Ketua APPSI adalah membentuk tim formatur yang bertugas menyusun kepengurusan

Kalahkan Ridwan Kamil, Anies Baswedan Jadi Ketua APPSI 2019-2023Dok.IDN Times/Istimewa

Langkah pertama yang akan dilakukannya sebagai Ketua Umum APPSI adalah membentuk tim formatur yang bertugas menyusun kepengurusan. Kepengurusan APPSI diharapkan akan dikukuhkan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo setelah kembali ke Indonesia sehingga dapat langsung menjalankan program kerja.

"Di APPSI itu disusun programnya, lalu di tingkat teknokratik, mereka bekerja. Tingkat teknokratik itu artinya dinas-dinas yang relevan, BUMD-BUMD yang relevan," ujar Anies.

3. Anies berjanji fasilitasi kebutuhan para gubernur

Kalahkan Ridwan Kamil, Anies Baswedan Jadi Ketua APPSI 2019-2023Dok.IDN Times/Istimewa

Mantan Rektor Universitas Paramadina itu berjanji akan berusaha memfasilitasi kebutuhan-kebutuhan dari seluruh Gubernur Indonesia untuk menjadi bahan pertimbangan Presiden Jokowi, seperti penghitungan Dana Alokasi Khusus (DAK) maupun Dana Alokasi Umum (DAU).

"Pemerintah Daerah lewat APPSI bisa berdiskusi dan memberikan formula-formula untuk menjadi pertimbangan bagi Pemerintah Pusat agar dalam memberikan pertimbangan lewat DAK dan DAU itu memasukkan variabel-variabel yang mungkin belum dipertimbangkan seperti tadi faktor kepulauan, faktor jumlah penduduk, faktor jumlah Kabupaten/Kota," kata Anies.

Baca Juga: Jakarta Provinsi Kedua Paling Tidak Toleran, Begini Reaksi Anies 

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya