Ini Makna di Balik Logo 73 Tahun Kemerdekaan RI

Kerja kita, prestasi bangsa!

Jakarta, IDN Times - Hari peringatan kemerdekaan bangsa Indonesia hadir beberapa hari lagi. Berbagai cara untung mengingatnya sudah dilakukan berbagai pihak mulai dari lomba, berziarah, dan sebagainya.

Salah satu rutinitas pemerintah dalam menyambut kemerdekaan RI adalah dengan membuat logo wajib dalam rangka kemerdekaan. Logo 73 tahun kemerdekaan RI warnanya merah dengan disertai tagline 'kerja kita prestasi bangsa' apa maksudnya? Simak penjelasannya berikut ini:

1. Terinspirasi dari kata 'kerja' dan 'energi'

Ini Makna di Balik Logo 73 Tahun Kemerdekaan RIANTARA FOTO/Risky Andrianto

Melansir dari situs resmi Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), logo ini lahir karena terinspirasi kata 'kerja' yang berarti adanya pergerakan dan kata 'energi' yang bermakna tenaga atau daya untuk bekerja.

Kerja dan energi adalah suatu kesatuan yang saling melengkapi. Disimbolkan oleh bentuk garis dinamis yang memiliki arti suatu kemajuan dalam bekerja, sekaligus melambangkan semangat, optimisme untuk menjadi tuan rumah Asian Games 2018 yang baik bagi dunia.

Baca Juga: Spesial HUT RI, Harga Tiket Kereta Api Cuma Rp73 Ribu!

2. Berkaitan dengan Asian Games

Ini Makna di Balik Logo 73 Tahun Kemerdekaan RIIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Logo kali ini terasa spesial karena perayaan kemerdekaan RI kali ini juga hampir berbarengan dengan dimulainya pesta olahraga antar negara Asia di Jakarta dan Palembang. Kata 'energi' pun diambil dari identitas Asian Games ke-18 yaitu 'The Energy of Asia' dan kata 'kerja' yang merupakan cerminan pemerintahan selama empat tahun terakhir.

3. Diharapkan berdampak pada masyarakat

Ini Makna di Balik Logo 73 Tahun Kemerdekaan RIANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Logo ini dibuat dengan harapan dapat memberi dampak pada masyarakat Indonesia agar semmangat dalam bekerja sama membangun negeri dan menjadi tuan rumah yang baik bagi dunia.

Baca Juga: Catat, 10 Diskon Spesial HUT RI Ke-73 buat Area Jakarta

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya