Comscore Tracker

Novel Baswedan Cs Jadi ASN Polri, ICW: Pimpinan KPK Harusnya Malu!

Ada 44 eks pegawai KPK yang jadi ASN Polri

Jakarta, IDN Times - Eks Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan bersama 43 mantan pegawai KPK lainnya menerima tawaran Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menjadi ASN Polri. Pegiat antikorupsi Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai, seharusnya pimpinan KPK malu dengan hal tersebut.

"Semestinya lima komisionernya malu ketika puluhan eks pegawainya bergabung ke Polri. Sebab, mereka dilantik sebagai ASN tanpa harus melewati tes wawasan kebangsaan (TWK). Ini sekali lagi membuktikan bahwa TWK versi KPK memang didasari motif politik balas dendam untuk menyingkirkan 57 pegawainya sendiri," ujar Peneliti ICW Kurnia Ramadhana, Selasa (7/12/2021).

Baca Juga: Polri Undang 57 Eks Pegawai KPK  Sosialisasi ASN, Novel Baswedan Tiba 

1. ICW harap pemberantasan korupsi di kepolisian bisa lebih baik usai bergabungnya Novel Cs

Novel Baswedan Cs Jadi ASN Polri, ICW: Pimpinan KPK Harusnya Malu!Peneliti ICW Kurnia Ramadhana di Kantor Darurat Pemberantasan Korupsi (IDN Times/Aryodamar)

ICW berharap dengan bergabungnya Novel Cs ke Kepolisian, mereka dapat membantu percepatan pemberantasan korupsi. Menurut Kurnia, kerja kepolisian dalam pemberantasan korupsi selama ini kurang optimal.

"ICW tentu menaruh harapan besar kepada eks pegawai KPK yang bergabung ke Polri dapat membantu kepolisian untuk melakukan aksi percepatan pemberantasan korupsi. Sebab, selama ini kepolisian seringkali menjadikan pemberantasan korupsi hanya sebagai jargon, tanpa ada hasil yang konkret," jelasnya.

2. ICW sebut Novel cs harus mereformasi kepolisian

Novel Baswedan Cs Jadi ASN Polri, ICW: Pimpinan KPK Harusnya Malu!Gedung Merah Putih KPK dijaga oleh Polisi. (IDN Times/Aryodamar)

Tak hanya itu, ICW mengatakan bahwa bergabungnya Novel Cs ke Polri harus dicermati. Salah satu hal yang perlu dicermati adalah penempatan para pegawai KPK di pekerjaan barunya itu.

"ICW mengusulkan, ketika nanti mereka dilantik sebagai ASN, Kapolri dapat membentuk satgas khusus antikorupsi di bawah pengawasannya langsung, yang bertugas memetakan potensi korupsi di tubuh Polri dan mendesain reformasi kepolisian. Jika itu bisa direalisasikan, tentu ditambah dukungan dari Kapolri, kepolisian dapat meningkatkan performanya dalam memberantas korupsi," ujarnya.

3. Ada 44 eks pegawai KPK yang menjadi ASN Polri

Novel Baswedan Cs Jadi ASN Polri, ICW: Pimpinan KPK Harusnya Malu!Novel Baswedan (kiri), Yudi Purnomo (tengah), Usman Hamid (kanan) datangi Gedung KPK bersama 57 Pegawai Nonaktif KPK pada Rabu (30/9/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Diketahui, ada 44 orang yang setuju menjadi ASN Polri dari total 57 pegawai yang dipecat KPK. Sebanyak 8 orang sudah menyatakan tak bersedia, 4 lainnya menunggu konfirmasi hingga siang ini.

Sebanyak 44 eks pegawai KPK yang telah menyetujui untuk direkrut menjadi ASN Polri selanjutnya akan menjalani tes kompetensi. Namun begitu, uji kompetensi ini dipastikan hanya bersifat mapping.

Baca Juga: Novel Baswedan Terima Tawaran Jadi ASN Polri: Untuk Kepentingan Bangsa

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya