Comscore Tracker

Prabowo Sebut APBN Bocor, Ini Respon Jokowi

Saking kesalnya, Jokowi 12 kali mengulang kata bocor.

Jakarta, IDN Times - Calon Presiden 01 Joko 'Jokowi' Widodo membantah adanya kebocoran anggaran tahunan pemerintah sebanyak 25 persen dari total Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), sebagaimana yang diungkapkan Prabowo Subianto beberapa waktu lalu. 

1. Jokowi heran ada tudingan APBN bocor

Prabowo Sebut APBN Bocor, Ini Respon JokowiANTARA FOTO/Zabur Karuru

Dalam acara deklarasi dukungan alumni SMA Jakarta Bersatu di Istora Senayan, Jakarta Selatan, Jokowi merasa heran kenapa bisa ada tudingan kebocoran yang mencapai Rp500 triliun tersebut.

"Anggaran 2018 kan mencapai Rp2000 triliun lebih. Kalau 25 persen berarti Rp500 triliun. Itu duit ada di mana? Saya tanya, itu itungan dari mana?" ujar Jokowi, Minggu (10/2).

2. APBN telah disetujui seluruh fraksi di DPR RI

Prabowo Sebut APBN Bocor, Ini Respon JokowiIDN Times/Margith Juita Damanik

Jokowi mengimbau agar tak ada lagi pihak yang membuat pernyataan meresahkan. Yang namanya penetapan anggaran hasil penggodokan, kata Jokowi, setiap tahun telah disetujui oleh semua fraksi partai di DPR.

"Semua fraksi sudah tanda tangan, artinya menyetujui. Ada pertanggungjawaban dan ada laporan juga yang sudah disetujui smua fraksi di DPR. Itu mekanisme politik," ujarnya dengan nada meninggi.

"Jangan sampai setelah semua fraksi sudah tanda tangan persetujuan soal laporan anggaran, kemudian baru bilang ada kebocoran." Saking kesalnya, Jokowi berulang kali menyebut kata bocor.

"Bocor, bocor, bocor, bocor, bocor, bocor, bocor, bocor bocor, bocor, bocor, bocor dari mana?" tanya dia.

Baca Juga: Tangga untuk Jokowi dan Senyum yang Mengembang

3. Anggaran selalu dicek BPK

Prabowo Sebut APBN Bocor, Ini Respon JokowiSeskab.go.id

Mantan Wali Kota Solo itu menambahkan, anggaran negara setiap tahun selalu diaudit oleh Badan pemeriksa Keuangan (BPK). Kalau ada nominal yang mencurigakan, kata Jokowi, pasti sudah dieksekusi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

"Pemeriksaan BPK hampir 80 persen WTP (wajar tanpa pengecualian), itu diraih oleh 80 dari 87 kementerian yang ada. Inilah perbaikan yang terus kita lakukan. Uang rakyat kita amankan, kita pakai untuk pembangunan dan infrastruktur," jelas dia.

Baca Juga: Kubu Prabowo Nilai Program B20 Pemerintahan Jokowi Belum Optimal

4. Prabowo sebut ada kebocoran APBN

Prabowo Sebut APBN Bocor, Ini Respon JokowiIDN Times/istimewa

Sebelumnya, dalam pidato di peringatan ulang tahun Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) di Mahaka Square, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (6/2) lalu, Prabowo menyebut setidaknya ada sebanyak 25 persen dari total anggaran pemerintah setiap tahunnya.

"Saya hitung dan saya udah tulis di buku kebocoran dari anggaran rata-rata taksiran saya, mungkin lebih sebetulnya 25 persen anggaran itu bocor. Bocornya macam-macam," kata Prabowo saat itu.

Baca Juga: Prabowo: 25 Persen Anggaran Bocor, Mampu Bangun 200 Pabrik Penting

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You