Sebagian Jalur Kereta Api yang Terdampak Banjir Kembali Beroperasi

Namun kecepatan dibatasi

Jakarta. IDN Times - Sejumlah stasiun dan jalur kereta api di wilayah Daop I Jakarta yang terendam banjir, sudah kembali beroperasi. Sebelumnya, wilayah tersebut tergenang air dan operasionalnya terganggu.

Pukul 13.15 WIB, genangan air yang sempat mengganggu fungsi prasarana kereta api (KA) di wilayah Stasiun Tanah Abang telah surut. Stasiun Tanah Abang kembali berfungsi normal melayani perjalanan KA baik dari arah Bogor, Jatinegara, Rangkasbitung/Serpong/Parung Panjang dan sebaliknya.

"Sementara untuk jalur Tambun - Bekasi yang sempat diberlakukan pembatasan kecepatan dampak genangan air, juga telah kembali dapat dilintasi dengan kecepatan normal," kata Kepala Humas PT KAI Daop I Jakarta, dalam keterangan resminya, Rabu (1/1).

Berikut titik-titik jalur lintas KA di area Daop 1 Jakarta yang masih terimbas banjir:

1. KM 9+900 lintas antara Rawa Buaya - Batu Ceper, ketinggian air masih mencapai 19 cm di atas Kop Rel. Kondisi tersebut berdampak pada perjalanan KA Bandara dan KRL Relasi Tangerang - Duri, belum dapat dilalui kereta. Sejumlah perjalanan KRL dan KA Bandara dibatalkan.

2. KM 17+4 lintas antara Pondok Ranji - Kebayoran masih tergenang air. Namun pada pukul 11.15 WIB, jalur hulu bisa dilalui dengan batas kecepatan 50/km. Sedangkan jalur hilir dilalui dengan kecepatan maksimal 40/km.

3. KM 41+5/6 Citayam - Bojong Gede pada pukul 10.20 WIB, kecepatan KA di lokasi tersebut dibatasi 40 km/jam dampak genangan air di sekitar jalur rel.

Akibat sejumlah prasarana terdampak banjir tersebut maka untuk keselamatan dan keamanan perjalanan Kereta Api, PT KAI Daop 1 melakukan sejumlah langkah berupa perubahan pola operasi hingga pembatalan perjalanan.

Sementara itu, untuk keberangkatan KA jarak jauh, baik dari Stasiun Pasar Senen maupun Gambir, terdapat beberapa KA yang mengalami keterlambatan akibat genangan air di sejumlah titik jalur rel. Berikut daftarnya:

1. KA 306 Bengawan (Pasar Senen-Purwosari)

2. KA 144 Gajahwong (Pasar Senen-Lempuyangan)

3. KA 56 Argo Parahyangan (Gambir-Bandung)

4. KA 146 Fajar Utama Yogya (Pasar Senen-Yogyakarta)

5. KA 262 Tawang Jaya Premium (Pasar Senen-Semarang Tawang)

6. KA 136 Dharmawangsa (Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi)

7. KA 4 Argo Bromo Angrek (Gambir-Surabaya Pasar Turi)

8. KA 40 Argo Parahyangan (Gambit-Bandung)

9. KA 98F Taksaka Fakultatif (Gambir-Yogyakarta)

10. KA158 Sawunggalih (Pasar Senen-Kutoarjo)

Baca Juga: Jakarta Terkepung Banjir, MRT Pastikan Tetap Beroperasi

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya