Kampus Sampaikan Petisi ke Presiden, PKS: Harusnya Jokowi Introspeksi

Introspeksi harus dilakukan agar demokrasi kembali kondusif

Bekasi, IDN Times - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Syaikhu, mengomentari banyaknya universitas di Indonesia yang menyampaikan petisi kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo soal isu keberpihakan kepada salah satu pasangan calon (paslon) pada Pilpres 2024. 

Menurut Syaikhu, petisi yang disampaikan tersebut merupakan bentuk keresahan yang melihat kondisi politik di Indonesia terlihat tidak ideal. 

"Saya kira itu adalah bagian dari ekspresi masing-masing guru besar atau universitas, dalam rangka merespon situasi di negeri ini yang hari ini mungkin banyak hal-hal yang tidak ideal," katanya kepada wartawan di Bekasi, Sabtu (3/2/2023). 

Baca Juga: Simak! Ini Daftar Kampus Beri Petisi kepada Presiden Jokowi

1. Presiden Jokowi harus introspeksi

Kampus Sampaikan Petisi ke Presiden, PKS: Harusnya Jokowi IntrospeksiSivitas akademika UGM yang terdiri dari guru besar, dosen, mahasiswa dan alumni membacakan Petisi Bulaksumur di Balairung UGM, Rabu (31/1/2024), (Dok. Humas UGM)

Untuk itu, Syaikhu meminta kepada Presiden Jokowi melakukan introspeksi diri, agar situasi politik di Indonesia kembali kondusif. 

"Harusnya para pemangku kepentingan yang disebut dalam petisi itu harusnya introspeksi dan memperbaiki diri, agar situasi negeri ini betul-betul kemabli pada tatanan yang ideal," ungkapnya. 

2. Petisi diyakini sudah dipikirkan dengan matang

Kampus Sampaikan Petisi ke Presiden, PKS: Harusnya Jokowi IntrospeksiPresiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Syaikhu. (IDN Times/Imam Faishal).

Syaikhu juga meyakini guru besar dari sejumlah universitas dipastikan melakukan penelitian dan riset terlebih dahulu, sebelum memberikan petisi kepada Presiden Jokowi.

"Bukan anak kecil yang bicara. Jadi memang omongannya sudah dipikirkan secara matang. Jadi dengan satu petisi ini pun sudah mempresentasikan kondisi negeri ini yang sedang tidak baik-baik saja," jelasnya.

Syaikhu juga berharap, Jokowi dapat memperbaikinya agar pelaksanaan demokrasi berjalan dengan baik.

Baca Juga: Respons Jokowi Dapat Petisi Bulaksumur Kembali ke Jalur Demokrasi

3. Empat kampus yang mengajukan petisi ke Presiden Jokowi

Kampus Sampaikan Petisi ke Presiden, PKS: Harusnya Jokowi IntrospeksiAkademisi Unhas deklarasi ingatkan Jokowi tetap di koridor demokrasi, Jumat (2/2/2024). IDN Times/Ashrawi Muin

Diketahui, petisi-petisi ini muncul lantaran Presiden Jokowi dinilai tidak netral dalam Pemilu 2024. Berikut daftar universitas yang telah mengajukan petisi kepada Presiden Jokowi. 

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)
UGM menyampaikan petisi Bulaksumur yang merupakan inisiasi kelompok melalui grup WhatsApp kampus bernama UGM Guyub Rukun, pada 31 Januari 2024.

Petisi Bulaksumur diajukan seluruh sivitas akademika UGM, yang terdiri atas guru besar, dosen, mahasiswa, hingga alumni.

2. Universitas Islam Indonesia (UII)
Pada 1 Februari 2024, UII juga mengeluarkan petisi bertema "Kemunduran Demokrasi di Indonesia" sekaligus mengkritisi kepemimpinan Presiden Jokowi. 

Rektor UII sebelumnya juga mengatakan kampusnya akan tetap netral menjelang kontestasi Pilpres 2024.

3. Universitas Indonesia
Universitas Indonesia (UI) juga melaksanakan aksi serupa bertajuk "Genderang Universitas Indonesia Bertalu Kembali" di Kampus UI, Depok, Jawa Barat pada 2 Februari 2024.

Gerakan ini sebagai bentuk keprihatinan sivitas akademika UI terhadap konstitusi dan demokrasi yang dianggap mulai runtuh menjelang Pemilu 2024. Aksi ini dinyatakan sebagai bentuk protes UI terhadap isu Jokowi berkampanye untuk salah satu paslon.

4. Universitas Hasanuddin (Unhas)
Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, juga mengajukan petisi serupa pada 2 Februari 2024.

Para akademisi Unhas mendeklarasikan petisi bertajuk "Bergerak untuk Menyelamatkan Demokrasi" di halaman depan gedung rektorat kampus.

Guru besar Unhas mengingatkan Presiden Jokowi beserta jajaran kabinetnya untuk tetap patuh menjalankan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/FgUvFMFBp0U

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya