Comscore Tracker

Bahas Isu Lingkungan, Sandiaga: Sampah Harus Jadi Berkah Bukan Musibah

Sandiaga berujar bahwa ekonomi harus sadar sustainability

Artikel ini merupakan jawaban dari pertanyaan terpilih yang masuk ke fitur #MillenialsMemilih by IDN Times. Bagi pembaca yang punya pertanyaan seputar Pilpres 2019, bisa langsung tanyakan kepada redaksi IDN Times.

Jakarta, IDN Times - Mengenai isu lingkungan, khususnya tentang pengelolaan sampah, Calon Wakil Presiden Nomor Urut 02, Sandiaga Uno, mengatakan jika pihaknya akan mengelolanya dengan dua pilar yang sudah disiapkan.

“Pengelolaan sampah sudah kita gariskan di kota-kota besar. Ada dua pilar, yaitu pilar masyarakat yang berpartispasi dalam reduce-reuse-recycle. Yang kedua pilar pemerintah yang bermitra dengan pengusaha untuk mengubah sampah ini menjadi energi. Sampah harus menjadi berkah bukan musibah,” kata Sandiaga usai bertemu dengan sejumlah tokoh masyarakat se-Jakarta Selatan dan Tangerang di Jalan Ciledug Raya, Petukangan, Jakarta Selatan, Sabtu (8/12/2018).

1. Sandiaga ajak masyarakat hindari penggunaan plastik

Bahas Isu Lingkungan, Sandiaga: Sampah Harus Jadi Berkah Bukan MusibahInstagram.com/sandiuno

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengungkapkan jika perlunya kesadaran diri sendiri terhadap memelihara lingkungan yang bebas dari sampah terutama sampah plastik.

“Di DKI sudah, terutama plastik ya, kita harus hati-hati sekali, ini sudah menjadi ancaman. Kita mulai dari diri sendiri. Saya pakai tumbler. Teman-teman di sini juga sudah pakaitumbler. Dan itu gerakan yang kita inginkan,” ungkap Sandiaga.

Baca Juga: 4 Program Prabowo-Sandiaga untuk Mencegah Praktik Korupsi di Indonesia

2. Serius isu lingkungan, Sandiaga bentuk relawan BroSandi

Bahas Isu Lingkungan, Sandiaga: Sampah Harus Jadi Berkah Bukan MusibahIDN Times/Irfan Fathurohman

Sebelumnya, Sandiaga juga pernah menyebut jika pihaknya juga akan fokus terhadap isu lingkungan hidup. Karena itu, Prabowo-Sandiaga memiliki relawan yang memang dibuat khusus untuk permasalahan lingkungan hidup.

“Jadi kita ada relawan, namanya BroSandi, relawan BroSandi ini dikepalai oleh Fahreza, kita fokus di isu-isu lingkungan dan kita fokus di isu-isu keberlanjutan, sustainability, kita ingin ciptakan yang disebut sebagai greenjobs,” ucapnya usai bertemu Kader Gerindra Kota Tangerang di Telaga Seafood, BSD, Tangerang Selatan, Jumat (9/11).

3. Pengelolaan sungai jadi sumber lapangan kerja baru

Bahas Isu Lingkungan, Sandiaga: Sampah Harus Jadi Berkah Bukan MusibahIDN Times/Irfan Fathurohman

Greenjobs yang dimaksud Sandiaga adalah pengelolaan sungai yang dapat membuka lapangan kerja baru bagi 2-3 juta orang. “Jadi untuk pengelolaan sungai demi kelestarian lingkungan hidup, kita bisa membidik antara 2 sampai 3 juta lapangan kerja baru,” ucap dia.

4. Sandiaga akan awasi perizinan pertambangan

Bahas Isu Lingkungan, Sandiaga: Sampah Harus Jadi Berkah Bukan Musibahhttp://ayuapriliyn.blogspot.com

Perizinan tambang dan eksploitasi hutan juga jadi fokus Prabowo-Sandiaga untuk memperbaiki lingkungan hidup. “Sama, kita akan pastikan ke depan ekonomi itu harus berfokus pada sustainability,” kata dia.

5. Isu lingkungan tercantum dalam misi Prabowo-Sandiaga

Bahas Isu Lingkungan, Sandiaga: Sampah Harus Jadi Berkah Bukan MusibahIDN Times/Irfan Fathurohman

Sementara, Dewan Pakar Badan Pemenangan Nasional (BPN), Dradjad Wibowo, menambahkan bahwa Prabowo-Sandi telah mencantumkan fokus pada isu lingkungan hidup dalam misinya. "Dalam misinya jelas berbunyi 'Berperan aktif mengatasi perubahan iklim global, sesuai kondisi Indonesia'," kata Dradjad saat dihubungi IDN Times, Jum'at (9/11).

Baca Juga: Ini Program-Program Jokowi dan Prabowo di Bidang Lingkungan Hidup

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Yogie Fadila

Just For You