Perdana Menteri Ceko, Australia, dan Singapura Ucap Selamat ke Prabowo

Prabowo-Gibran unggul 56,32 persen versi real count KPU

Jakarta, IDN Times - Perdana Menteri Republik Ceko, Petr Fiala melalui akun X pribadinya, @P_Fiala, menuliskan ucapan selamat kepada calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto. Pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, unggul dari paslon lainnya berdasarkan data hitung cepat atau quick count Pilpres 2024.

"Selamat kepada @prabowo karena memenangkan Pilpres Indonesia 2024," cuit Petr, pada Rabu (14/2/2024).

Dalam unggahannya, Petr juga menyorot perihal kunjungannya ke Tanah Air. Ia lalu mendoakan agar transisi kepemimpinan Presiden Joko Widodo ke Prabowo dapat berjalan baik.

Selain itu, Petr menyatakan kesiapan memperkuat hubungan antara Republik Ceko dan Indonesia di bawah kepemimpinan Prabowo.

"Mengingat kunjungan saya ke negara Anda yang indah kurang dari setahun lalu, izinkan saya mendoakan transisi yang lancar sekaligus menyatakan kesiapan kami untuk memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara," tulis Petr.

Baca Juga: Prabowo Ziarah ke Makam Sang Ayah

1. PM Australia juga memberi selamat ke Prabowo

Perdana Menteri Ceko, Australia, dan Singapura Ucap Selamat ke PrabowoCapres nomor urut 2, Prabowo Subianto saat melakukan pencoblosan di TPS 33 Bojong Koneng pada Rabu (14/2/2024). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Selain itu, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese turut mengucapkan selamat kepada Menteri Pertahanan (Menhan) itu yang unggul berdasarkan hitung cepat di Pilpres 2024.

Hal itu diungkapkannya di unggahan Albanese di akun _X_ pribadinya @AlboMP, Kamis (15/2/2024).

"Saya merasa terhormat menjadi pemimpin luar negeri pertama yang hari ini berbicara dengan @prabowo, yang jelas-jelas unggul dalam perhitungan resmi dan tidak resmi, mengenai ambisi untuk masa depan hubungan Australia-Indonesia," tulis dia.

"Sebagai sesama negara demokrasi dan sahabat dekat, Australia menyampaikan ucapan selamat kepada Indonesia karena berhasil menyelenggarakan pemilihan presiden pada tanggal 14 Februari," lanjutnya.

Albanese berharap segera menjalin kerja sama bilateral dengan Indonesia, yang akan dipimpin oleh presiden baru saat dilantik pada Oktober 2024.

"Saya berharap dapat bekerja sama dengan Presiden Indonesia yang baru setelah dilantik pada Oktober 2024," kata dia.

Baca Juga: Faktor Buat Prabowo-Gibran Unggul dalam Hitung Cepat di Kaltim

2. PM Singapura ucap selamat dan bahas hubungan bilateral

Perdana Menteri Ceko, Australia, dan Singapura Ucap Selamat ke PrabowoMenteri Pertahanan Prabowo Subianto ketika melepas bantuan kemanusiaan untuk dikirim ke Mesir. (www.instagram.com/@prabowo)

Selanjutnya, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong yang juga mengucapkan selamat kepada Prabowo.

"Lee dan Prabowo membahas keadaan hubungan bilateral yang sangat baik," kata Sekretaris Pers Perdana Menteri, Chang Li Lin, dilansir dari media Singapura, Channel News Asia, Kamis (15/2/2024).

Chang mengungkapkan, Lee dan Prabowo juga membahas kesepakatan tentang pentingnya mengidentifikasi area kerja sama baru yang saling menguntungkan untuk kedua negara.

Lee pun disebut menghubungi Presiden Joko “Jokowi” Widodo untuk memberikan ucapan selamat atas pelaksanaan Pemilu 2024 yang lancar dan sukses di Indonesia.

Selain itu, Chang mengatakan, selama masa jabatan kedua pemimpin negara itu, Lee dan Jokowi berupaya memperkuat hubungan erat antara Singapura dan Indonesia melalui penyelesaian masalah bilateral yang telah lama ada.

"Mereka juga merintis area kerja sama baru dalam keberlanjutan, ekonomi digital, dan pengembangan modal manusia," ujar Chang.

Baca Juga: Respon Elite Gerindra Setelah Prabowo-Gibran Menang di Kandang Banteng

3. Prabowo-Gibran unggul 56,32 persen versi real count KPU

Hasil quick count usai pencoblosan pada Rabu (15/2/2024) menunjukkan Prabowo berpeluang besar menjadi presiden Indonesia berikutnya.

Saat berpidato bersama cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka di Istora Senayan, Jakarta, Prabowo berjanji untuk menjadi presiden bagi seluruh pihak di lapisan masyarakat Indonesia.

"Apapun sukunya, kelompok, etnisnya, rasnya, apapun agamanya, latar belakang sosialnya, seluruh rakyat Indonesia akan jadi tanggung jawab kami untuk menjaganya," kata Prabowo.

"Kami akan menyusun tim pemerintahan yang terdiri dari putra dan putri terbaik bangsa Indonesia," imbuhnya.

Berdasarkan data perhitungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terbaru pada pukul 17.28 WIB di laman pemilu2024.kpu.go.id, paslon Prabowo-Gibran berada di posisi teratas dengan perolehan 56,32 persen dari cakupan progres suara masuk 43,93 persen.

Adapun hasil quick count atau hitung cepat beberapa lembaga survei, Prabowo-Gibran unggul hampir 60 persen. Menurut perhitungan Populi Center dengan data masuk 99,72 persen, Prabowo-Gibran unggul dengan 59,13 persen. Sementara Poltracking dengan data masuk 95,9 persen, Prabowo-Gibran unggul dengan 59,34 persen.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya