Comscore Tracker

Profil Sandiaga Uno, Menteri yang Gila Olahraga

Sandiaga merupakan pengusaha tajir yang terjun ke politik

Jakarta, IDN Times - Halo sobat Millennials dan Gen-Z, kali ini IDN Times akan menyajikan profil dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, loh. Sandiaga Uno nantinya bakal menjadi pembicara di acara Indonesia Millennial and Gen-Z Summit by IDN Times, yang akan digelar pada 29 hingga 30 September 2022, di Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta Selatan.

Sandiaga Uno memang bukan orang sembarangan di Indonesia. Dia merupakan nama yang sering hilir mudik dalam bidang bisnis hingga politik di Indonesia. Karier Sandiaga Uno makin memikat setelah diangkat oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama.

Lantas, siapa Sandiaga Uno? Berikut profil Sandiaga Uno pria kelahiran Pekanbaru 28 Juni 1969, yang dirangkum IDN Times dari berbagai sumber. 

Baca Juga: Sandiaga Uno Diisukan Jadi Calon Menteri, Begini Reaksi Gerindra

1. Pengusaha tajir lulusan Wichita State University Amerika Serikat

Profil Sandiaga Uno, Menteri yang Gila OlahragaSandiaga Uno. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sandiaga Uno merupakan lulusan dari Wichita State University Amerika Serikat. Dia dikenal sebagai sorang pengusaha sebelum terjun ke dunia politik. Sandiaga merupakan pemilik PT Saratoga Investama Sedaya, yang bergerak di bidang pertambangan, telekomunikasi, dan lain sebagainya.

Tak heran, pada 2009, berdasarkan catatan Majalah Forbes, Sandiaga menjadi orang terkaya ke-29 di Indonesia. Dua tahun kemudian, tahun 2011, Forbes merilis Sandiaga Uno menduduki peringkat ke-37 sebagai orang terkaya di Indonesia. Total kekayaan Sandiaga Uno waktu itu mencapai US 660 juta dolar.

2. Terjun ke dunia politik, Sandiaga Uno cicipi kursi Wagub DKI dan mencari peruntungan di Pilpres 2019

Profil Sandiaga Uno, Menteri yang Gila OlahragaANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Pada 2017, suami dari Nur Asia Uno itu semakin dikenal sebagai pejabat publik setelah memenangkan Pilkada DKI Jakarta. Saat itu, Sandiaga Uno maju sebagai Wakil Gubernur mendampingi Anies Baswedan yang menjabat Gubernur DKI Jakarta.

Tak sampai dua tahun ia menjabat wagub DKI, Sandiaga Uno mengundurkan diri karena memilih maju dalam Pemilihan Presiden 2019, mendampingi Prabowo Subianto sebagai calon wakil presiden. Sayangnya, perjuangan Sandiaga untuk sampai ke Istana tidak mulus. Ia kalah dalam Pemilihan Presiden Indonesia 2019.

Kegagalannya maju pada Pilpres 2019 tak membuat elite Partai Gerindra itu kapok berpolitik, sampai saat ini ia masih menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra.

3. Deretan jabatan yang disandang Sandiaga Uno

Profil Sandiaga Uno, Menteri yang Gila OlahragaIDN Times/Irfan Fathurohman

Berikut jabatan yang disandang Sandiaga Uno:

  • Pada 2005–2008, menjadi Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).
  • Sejak 2004 menjabat sebagai Ketua Komite Tetap Bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin).
  • Pada 2013, Sandiaga Uno terpilih sebagai ketua umum PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia).

Sandiaga Uno juga pernah menjadi jajaran direksi beberapa perusahaan, antara lain:

- PT Adaro Indonesia
- PT Indonesia Bulk Terminal
- PT Mitra Global Telekomunikasi Indonesia
- PT Interra Resources Limited
- PT iFORTE SOLUSI INFOTEK

4. Sandiaga Uno sudah tujuh kali ditawari jadi menteri

Profil Sandiaga Uno, Menteri yang Gila OlahragaJuru Bicara Sandiaga Uno, Kawendra Lukistian (Dok. Pribadi/Kawendra Lukistian)

Sebelumnya Juru Bicara Sandiaga Uno Kawendra Lukistian mengatakan, Sandiaga Uno sudah sering mendapatkan tawaran sebagai menteri. Jika dijumlah dengan tawaran kursi Menteri Parekraf, total sudah tujuh tawaran yang datang kepada Sandiaga Uno.

“Sebelumya sudah enam kali ditawari kursi menteri kan, tapi beliau belum berkenan hingga waktu itu belum berkenan,” ujarnya.

Kawendra menyebut, tak menutup kemungkinan Sandiaga Uno masuk dalam gerbong Kabinet Indonesia Maju. Tapi soal itu dikembalikan kepada yang bersangkutan.

“Apa pun keputusannya insyaallah itu yang terbaik untuk yang dia ikhtiarkan dan untuk rakyat Indonesia. Baik di luar ataupun di dalam pemerintahan, semua sama-sama mulia, asalkan orientasinya kebermanfaatan,” kata Kawendra.

Baca Juga: Sandiaga Uno Gantikan Edhy Prabowo? Ini Bisikan Orang Dekatnya

5. Dekat dengan olahraga

Profil Sandiaga Uno, Menteri yang Gila OlahragaSandiaga Uno melakukan olahraga lari di Sirkuit Pertamina Mandalika (Dok ITDC)

Sandiaga Uno memang punya hobi berolahraga. Dia begitu gemar berlari, renang, dan basket. Bahkan, hobinya renang disalurkan dengan beberapa kali mengikuti event di lepas pantai. Sandiaga Uno pernah berenang sejauh satu kilometer pada 2018 silam di Danau Sunter. Kemudian, dia juga pernah berenang dari Pulau Panggang ke Karya pada 2017 lalu.

Kemudian, Sandiaga Uno juga tercatat pernah menjadi manajer Timnas basket pada 2005 lalu. Terakhir, olahraga lari yang paling sering digelutinya.

Beberapa kali, Sandiaga Uno pernah mengikuti ajang marathon. Dua event yang paling sering diikuti Sandiaga adalah Jakarta Marathon dan Bali Marathon.

Sandiaga Uno akan menjadi salah satu pembicara dalam Indonesia Millennial and Gen Z Summit 2022, pada panggung Visionary Leaders yang diselenggarakan IDN Times.

Jika pada tahun-tahun sebelumnya acara ini diselenggarakan dengan nama Indonesia Millennial Summit, tahun ini IDN Media turut menjangkau para Gen-Z yang juga menjadi salah satu kelompok demografi terbesar dengan banyak potensi.

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit akan dilakukan secara offline di The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta selama dua hari, 29-30 September 2022.

Mengusung tema 'Indonesia Fast Forward', acara ini akan menjadi platform bagi anak muda untuk bisa saling menginspirasi melalui berbagai macam kontribusi positif yang bisa diberikan bagi Indonesia.

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 akan menghadirkan beragam sesi panel yang diisi oleh lebih dari 50 pembicara inspiratif di tiga panggung, yaitu Visionary Leaders, Future is Female, dan Talent Trifecta. Selain itu akan ada pertunjukan hiburan di Entertainment Stage bagi para pengunjung.

Topic:

  • Sunariyah
  • Rochmanudin
  • Bayu Aditya Suryanto
  • Satria Permana
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya