TKN Prabowo-Gibran Ungkap Ada Arahan Petinggi Parpol Rusak Surat Suara

TKN menduga petinggi parpol kumpulkan PPS di sebuah hotel

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Habiburokhman, menyebut ada petinggi partai politik yang mengumpulkan penyelenggara Pemilu dan memberikan arahan untuk merusak surat suara pemilih capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Habiburokhman mengatakan berdasarkan informasi yang diterima TKN Prabowo-Gibran dari lapangan, petinggi parpol tersebut menurutnya mengumpulkan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tersebut di sebuah hotel di Jawa Tengah pada minggu ketiga di bulan Januari 2024.

"Dalam pertemuan tersebut dibahas bahwa kondisi lapangan Pilpres tidak menguntungkan koalisi partai tersebut, mereka dalam posisi tertinggal dari Prabowo-Gibran. Begitu juga untuk Pileg DPR RI disebutkan bahwa partai mereka dalam posisi tertinggal," kata Habiburokhman di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (28/1/2024).

1. Ada instruksi merusak surat suara caleg DPR RI Gerindra, NasDem dan PKS

TKN Prabowo-Gibran Ungkap Ada Arahan Petinggi Parpol Rusak Surat SuaraTKN Prabowo-Gibran membeberakan temuan bukti dugaan kecurangan TSM di Jateng dan Jatim (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Habiburokhman mengatakan tak hanya merusak surat suara pemilih Prabowo-Gibran, petinggi parpol tersebut juga menginstruksikan kepada penyelenggara Pemilu yang hadir untuk merusak surat suara pemilih caleg DPR RI Gerindra, NasDem, dan PKS. 

"Ada narasi bahwa akan melakukan kecurangan dengan cara merusak surat suara pemilih Prabowo-Gibran, DPR RI Nasdem, Gerindra dan PKS. Ini saya sampaikan apa adanya yang berkembang saat itu ya, caranya dengan merusak surat tersebut adalah dengan menggunakan paku," ungkapnya. 

Baca Juga: Prabowo Tegaskan Kembali akan Lanjutkan Program dan Strategi Jokowi

2. Habiburokhman sebut upaya kecurangan pakai cara Orba

TKN Prabowo-Gibran Ungkap Ada Arahan Petinggi Parpol Rusak Surat SuaraTKN Prabowo-Gibran membeberakan temuan bukti dugaan kecurangan TSM di Jateng dan Jatim (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Habiburokhman lantas mencontohkan cara merusak surat suara yang diinstruksikan petinggi parpol tersebut. Menurutnya cara tersebut merupakan cara lama yang pernah dipakai di masa orde baru atau Orba.

"Kurang lebih begini kalau dulu jaman Orde Baru ini praktik lama teknik melakuan kecurangan. Kami khawatirkan seperti ini. Aslinya kan begini nanti diambil seolah-olah ada paku menonjol gitu lho di meja. Nanti dilakukan secepat kilat misal terlihat nomor urut 2 dirusak begini dipakuin gini, misal nomor 2 ke coblos nomor 1 juga. Sehingga surat suara menjadi rusak begitu dibuka. Kemarin menurut informasi kami dibahas detail di Hotel tersebut," bebernya. 

3. TKN akan laporkan dugaan upaya kecurangan TSM

TKN Prabowo-Gibran Ungkap Ada Arahan Petinggi Parpol Rusak Surat SuaraWakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Habiburokhman (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Atas temuan tersebut, Habiburokhman menyebut, pihaknya tengah melengkapi bukti-bukti terkait adanya perencanaan kecurangan yang dilakukan secara terstruktur, sistimatis dan masif atau TSM tersebut. 

"Kami masih melengkapi bukti-bukti. Dalam satu-dua hari ini akan kami laporkan," katanya. 

Baca Juga: Sambut Indonesia Emas, TKN: Prabowo-Gibran Dorong Pengusaha Naik Kelas

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya