TPNPB-OPM Tantang TNI-Polri Perang di Muara Puncak Papua

KKB pimpinan Lekagak Telenggen umumkan lokasi perang

Jakarta, IDN Times - Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) menantang dan telah menentukan lokasi perang kepada TNI-Polri.

Pengumuman lokasi perang itu disampaikan Panglima TPNPB-OPM Goliath Tabuni dan Komandan Operasi Nasional Lekagak Telenggen.

Juru Bicara TPNPB-Sebby Sambom mengatakan, lokasi perang itu berada di Muara, Kabupaten Puncak, Papua.

“Bersama Komadan operasi nasional Mayen Lekgak Telenggen menghimbau kepada militer Setan kolonial Indonesia untuk area lapangan perang sudah ditentukan demi pengamanan keselamatan rakyat sipil di Kabupaten Puncak, Ilaga,” kata Sebby dalam keterangan tertulisnya kepada IDN Times, Kamis (27/5/2021).

Baca Juga: Satgas Nemangkawi Pukul Mundur KKB, TNI-Polri Kuasai Puncak Papua

1. Ditentukannya lokasi perang untuk menyelamatkan penduduk lokal

TPNPB-OPM Tantang TNI-Polri Perang di Muara Puncak PapuaTentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM). (dok. TPNPB-OPM)

Sebby menjelaskan, Panglima TPNPB-OPM Goliath Tabuni dan Komandan Operasi Nasional Mayjend Lekagak Telenggen telah mengumumkan, perang yang dilakukan merupakan tahapan revolusi.

Oleh karena itu, TPNPB-OPM menantang TNI-Polri untuk masuk ke area perang demi keselamatan penduduk lokal.

“Namun, kami amati bahwa semua kesatuan militer kolonial Indonesia dengan Pasukan Setan pun sampai detik ini masih melalukan operasi militer di area penduduk lokal. Sampai detik ini Pasukan Setan TNI-Polri belum masuk area perang,” ujar Sebby.

2. TNI-Polri: TNPB-OPM sudah tidak mendapat simpati masyarakat

TPNPB-OPM Tantang TNI-Polri Perang di Muara Puncak PapuaKasatgas Humas Nemangkawi Kombes M Iqbal Al Qudussy. (dok. Pribadi/M. Iqbal Al Qudussy)

Sementara, Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Pol Iqbal Alqudusy enggan menanggapi pengumuman ajakan perang tersebut. Menurutnya, TPNPB-OPM hanya menyebar propaganda dengan tujuan mencari perhatian rakyat Papua.

Sebab, kata Iqba, saat ini TPNPB-OPM tak lagi menguasai Puncak Papua. “Tidak usah ditanggapi, itu hanya broadcast propaganda hoaks, mereka sudah tidak dapat simpati dari masyarakat,” ujar Iqbal kepada IDN Times.

3. Satgas Nemangkawi berhasil pukul mundur KKB dari Puncak Papua

TPNPB-OPM Tantang TNI-Polri Perang di Muara Puncak PapuaKasatgas Humas Nemangkawi Kombes M Iqbal Al Qudussy. (dok. Pribadi/M. Iqbal Al Qudussy)

Sebelumnya, Iqbal mengklaim, pihaknya telah berhasil memukul mundur Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dari Puncak Papua.

"Saat ini mereka termonitor IT sudah kabur dan mundur sampai ke daerah Kuyawage wilayah Lany Jaya, dan pasukan TNI-Polri berhasil menguasai wilayah Puncak Papua," kata Iqbal lewat keterangan tertulisnya, Senin, 24 Mei 2021.

Iqbal tidak membantah jika KKB lebih menguasai medan. Sebab, KKB lebih mengenal kondisi geografis Papua dan tahu tempat-tempat strategis untuk menyerang dan bersembunyi.

“Ini adalah daerah tempat mainnya mereka sejak kecil. Medan dan kondisi geografisnya luar biasa. Soal penguasaan medan, mereka (KKB) lebih menguasai dari kami,” kata Iqbal.

Baca Juga: Kisah Kombes Pol Iqbal Alqudusy, Kasatgas Humas Nemangkawi Pemburu KKB

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya