Kapolda Papua Barat Minta Propam Selidiki Kematian Ipar Edo Kondologit

Akan ambil tindakan tegas jika benar ada pelanggaran

Jakarta, IDN Times - Media sosial dihebohkan dengan beredarnya video penyanyi Edo Kondologit yang marah akibat iparnya meninggal dunia di tahanan Polres Sorong, Papua.

Menanggapi kejadian ini, Polda Papua Barat telah menerjunkan Propam untuk memeriksa fakta di balik kematian GKR tersebut.

"Saya sudah turunkan tim dari Propam dan Dirkrimum untuk memeriksa secara komprehensif kasus itu. Kalau pun nanti kita temukan pelanggaran, karena ada versi berbeda yang saya dengar, kalau nanti ada pelanggaran maka kami akan tindak tegas petugas yang alpa dan lalai," ujar Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Tornagogo Sihombing, saat dikonfirmasi Minggu, 30 Agustus 2020.

1. Akan beri sanksi jika ada petugas yang langgar SOP

Kapolda Papua Barat Minta Propam Selidiki Kematian Ipar Edo KondologitTwitter/VeronicaKoman

Dengan adanya pemeriksaan ini, Tornagogo menegaskan akan menindak siapapun yang terbukti melakukan pelanggaran dan tidak mengindahkan SOP.

Menurut dia, dalam menangani hal ini sudah ada sanksi kode etik dab disiplin yang telah berlaku.

"Kalau ada ketidakprofesionalan, mereka tidak sesuai SOP. Yang penting pada intinya kami akan lakukan tindakan tegas kalau ada melakukan pelanggaran dan tidak sesuai SOP, ada jalurnya di Propam, bisa sanksi kode etik maupun disiplin," katanya.

Baca Juga: Kronologi Tewasnya Ipar Edo Kondologit di Polsek Sorong Versi Polisi

2. Kapolda turut geram jika ada pelanggaran dalam kasus ini

Kapolda Papua Barat Minta Propam Selidiki Kematian Ipar Edo KondologitIlustrasi garis polisi (IDN Times/Prayugo Utomo)

Tornagogo juga mengatakan tidak akan menutupi kasus meninggalnya ipar Edo Kondologit ini pada publik. Dia juga mengaku marah jika memang benar ada pelanggaran hukum yang dilakukan.

"Tidak, tidak (tidak ada yang ditutupi), saya makanya menurunkan tim, mau dengar secara utuh karena itu tadi ada beda versi. Kalau benar mereka melakukan pelanggaran, marah juga saya. Intinya kalau proses hukumnya tidak sesuai aturan, kami akan tindak anggota tersebut," kata dia.

3. Video Edo Kondologit marah viral di media sosial

Kapolda Papua Barat Minta Propam Selidiki Kematian Ipar Edo Kondologitinstagram.com/edokondologitt

Sebelumnya, video Edo Kondologit viral di media sosial. Dia terlihat marah dan mengaku sakit hati usai adik iparnya yang bernama GKR alias Riko (21), tewas saat tengah ditahan di Polres Sorong, Papua Barat.

"Cukup sudah sandiwara di negeri ini, saya sudah sakit hati sekali ini, kita akan menuntut keadilan. Kita akan menuntut ke propam, polda, polsek semua," kata Edo dalam potongan video tersebut.

"Riko ini adalah korban dari sistem ya ambrol," kata dia.

Baca Juga: Adik Ipar Meninggal di Polres Sorong, Edo Kondologit Tuntut Keadilan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya