Mengenal Niqab Squad, Komunitas Cadar Indonesia Beranggota 44,3 Ribu 

Niqab Squad berdiri pada 2016

Jakarta, IDN Times - Beberapa waktu lalu santer terdengar wacana larangan cadar di lingkungan instansi pemerintah. Rencana larangan cadar dan celana cingkrang pertama dilontarkan Menteri Agama Fachrul Razi. Fachrul mengatakan, akan melarang penggunaan cadar dan celana cingkrang di lingkungan kementerian/lembaga pemerintah. Namun, wacana itu langsung menuai pro kontra.  

Apa sih itu cadar? Cadar adalah kain penutup wajah bagi perempuan dan dikenal juga dengan sebutan niqab. Kain penutup wajah ini banyak dikenakan perempuan-perempuan muslim di negara Arab, seperti Arab Saudi, Yaman, Bahrain, Kuwait, Qatar, Oman, dan Uni Emirat Arab. Bahkan hingga ke Pakistan dan beberapa negara Barat.

Di Indonesia, akhir-akhir ini juga banyak perempuan muslim yang mengenakan cadar atau niqab. Bahkan ada perkumpulan perempuan  bercadar, namanya Niqab Squad. Seperti apa Niqab Squad? Simak penelusuran IDN Times berikut ini: 

Baca Juga: Pakai Cadar saat Bekerja, Perawat RSUD Margono di Purwokerto Dimutasi

1. Menjadi komunitas pemersatu muslimah bercadar

Mengenal Niqab Squad, Komunitas Cadar Indonesia Beranggota 44,3 Ribu Dok. Niqab Squad

Komunitas Niqab Squad berdiri sejak 2016. Dilansir dari situs resmi Niqab Squad, https://Niqabsquad.org, dijelaskan bahwa komunitas ini adalah sarana pemersatu muslimah yang telah bercadar dan ingin bercadar.

Komunitas ini menerima siapa pun menajdi anggotanya tanpa memandang latar belakang seseorang. "Untuk memperkuat ukhuwah islamiah," tulis situs resmi Niqab Squad.

2. Untuk menepis anggapan muslimah bercadar kaku dan tertutup

Mengenal Niqab Squad, Komunitas Cadar Indonesia Beranggota 44,3 Ribu IDN Times/Istimewa

Niqab Squad didirikan oleh Indadari dan sahabat-sahabatnya. Mereka membentuk beberapa divisi, mulai dari Divisi Konseling, Sosial, Pendidikan, Muamalah, Rohani, Jasmani, hingga Fashion.

Komunitas ini dibentuk untuk menepis anggapan yang menilai muslimah yang sudah hijrah dan menggunakan cadar, mempunyai perilaku tertutup dan kaku terhadap muslimah lainnya.

3. Kegiatan Niqab Squad

Mengenal Niqab Squad, Komunitas Cadar Indonesia Beranggota 44,3 Ribu ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Niqab Squad memiliki beberapa kegiatan dalam komunitas mereka. Misalnya pengajian, kegiatan amal berupa aksi sosial, dan kegiatan penumbuhan ekonomi dan kreatif berupa kerja sama dalam bisnis.

"Tentunya tanpa meninggalkan tugas utama seorang muslimah yang dijalankan sesuai tuntunan Alquran dan Sunnah," tulis situs resmi Niqab Squad.

4. Memiliki 44,3 ribu pengikut

Mengenal Niqab Squad, Komunitas Cadar Indonesia Beranggota 44,3 Ribu Instagram/Niqabsquad_official

Di akun Instagramnya, @niqabsquad_official, telah memiliki 44,3 ribu pengikut. Komunitas cadar Indonesia ini juga terlihat sering melaksanakan kegiatan.

Saat gempa Palu, komunitas ini pernah membuka donasi bertajuk "Kita Peduli Palu". Selain itu, Niqab Squad tak jarang membagikan ayat-ayat motivasi, pengingat, dan renungan.

Komunitas ini juga secara resmi telah memiliki yayasan sendiri, yakni Yayasan Niqab Squad. Yayasan ini diresmikan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI pada 8 Oktober 2018.

https://www.youtube.com/embed/zNCsRVWCyZI

Baca Juga: Klarifikasi Menag Soal Cadar dan Celana Cingkrang yang Kontroversial

Topik:

  • Sunariyah
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya