Comscore Tracker

Menkominfo Ajak Masyarakat Tak Mudik: Lebaran Digital Itu Keren!

Masyarakat diajak melakukan silaturahmi secara virtual

Jakarta, IDN Times - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengajak masyarakat untuk tidak mudik atau melakukan silaturahmi fisik ke kampung halaman saat merayakan Idul Fitri 1442 Hijriah. Johnny mengajak masyarakat melakukan silaturahmi secara virtual.

"Kita canangkan bersama-sama melakukan Lebaran tahun ini sebagai Lebaran digital. Lebaran digital itu keren," kata Johnny dalam keterangan tertulisnya, Rabu (5/5/2021). 

1. Tetap bisa menjalin komunikasi melalui gawai

Menkominfo Ajak Masyarakat Tak Mudik: Lebaran Digital Itu Keren!IDNTimes/Holy Kartika

Baca Juga: Ingat Ya Guys! Mulai Tengah Malam Ini Larangan Mudik Resmi Berlaku

Johnny menjelaskan silaturahmi secara virtual melalui aplikasi tidak akan mengurangi makna silaturahmi yang sebenarnya. Masyarakat tetap mampu menjalin komunikasi lewat gawai.

"Merayakan acara hari besar hari Lebaran nanti secara virtual tetap meriah. Dalam keluarga sendiri dengan berkomunikasi dengan memanfaatkan teknologi yang ada," katanya. 

2. Siapkan jaringan untuk Lebaran digital

Menkominfo Ajak Masyarakat Tak Mudik: Lebaran Digital Itu Keren!Ilustrasi Bekerja (IDN Times/Dwi Agustiar)

Dalam mewujudkan lebaran digital, Johnny menyatakan Kominfo berjanji menyediakan jaringan telekomunikasi berkualitas. Sehingga dapat dimanfaatkan masyarakat di berbagai wilayah.

“Hal ini penting, demi kelancaran proses lebaran digital yang menjadi pilihan perayaan hari raya tahun ini,” kata dia,

Dengan menggandeng sejumlah operator layanan telekomunikasi seluler, Kominfo akan menyediakan trafik paket data (bandwith) yang sangat besar. 

3. Siapkan fasilitas belanja digital

Menkominfo Ajak Masyarakat Tak Mudik: Lebaran Digital Itu Keren!ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Johnny menyatakan sarana infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi yang disiapkan itu juga memenuhi keinginan masyarakat ketika ingin berbelanja secara digital. Hal ini dilakukan agar masyarakat bisa berbelanja dari rumah.

“Kampanye Bangga Buatan Indonesia melalui belanja online itu disiapkan, masyarakat perlu memanfaatkan dan menggunakan ini dengan baik, tidak harus pergi sendiri ke pasar-pasar, ke toko-toko, tidak perlu. Kalau memang harus ke pasar-pasar, ke toko-toko perhatikan protokol kesehatan secara ketat,” kata dia. 

Baca Juga: Jelang Lebaran, Polri Tambah Pos Penyekatan Mudik 

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya