Comscore Tracker

Wagub: DKI Belum Turun Level PPKM karena Pengaruh Daerah Penyangga

Luhut sebut DKI masuk wilayah aglomerasi 

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Koordinator PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan, menjelaskan banyak wilayah yang masih berada di PPKM Level 3. DKI Jakarta yang masuk dalam wilayah aglomerasi, termasuk sebagai salah satu daerah yang belum bisa turun level.

Menanggapi hal ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan daerah penyangga memberikan pengaruh pada penanganan COVID-19 dan penurunan level di Jakarta.

"Begini, kita belum turun level, mengapa? sekalipun Jakarta sudah sangat baik ya, pelaksanaan vaksinnya, (kasus) covidnya, tapi kan Jakarta itu kan (bagian) Jabodetabek, jadi di sana belum selesai semua," ujar dia di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (6/10/2021) malam.

Baca Juga: PPKM Diperlonggar, Ekonomi Kuartal IV-2021 Diramal Tumbuh 4 Persen

1. Pahami keputusan pemerintah pusat

Wagub: DKI Belum Turun Level PPKM karena Pengaruh Daerah PenyanggaWakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota Jakarta, Selasa (9/3/2021) (IDN Times/Lia Hutasoit)

Menurutnya, status pandemik di Ibu Kota terkait erat dengan kondisi di daerah penyangga, yakni kota-kota di sekitar DKI Jakarta. Ini tidak lepas dari DKI termasuk kategori wilayah aglomerasi. 

"Kami memahami mengerti sehingga Pempus masih memberikan Jakarta level 3 karena Jabodetabek tak bisa dipisahkan dari Jakarta," ujarnya.

Baca Juga: Daftar Lengkap Daerah PPKM Level 1-3 di Jawa dan Bali

2. Wagub minta saling kerja sama di wilayah aglomerasi

Wagub: DKI Belum Turun Level PPKM karena Pengaruh Daerah PenyanggaWilayah Jabodetabek (Google Map)

Dengan kondisi tersebuy, Riza meminta kerja sama antarpemerintah daerah untuk meningkatkan upaya penanganan COVID-19, mulai dari vaksinasi hingga pelaksanaan protokol kesehatan.

"Meningkatkan vaksin, melaksanakakan prokes covid, disiplin ketat tanggung jawab, dengan demikian level jakarta bisa turun," kata dia.

Baca Juga: Luhut: Testing per Hari Capai 175 Ribu, Tidak Benar Turun!

3. Pengaruh daerah yang belum capai target vaksinasi

Wagub: DKI Belum Turun Level PPKM karena Pengaruh Daerah PenyanggaMenko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Sebelumnya, Luhut mengungkapkan wilayah aglomerasi belum bisa turun level karena Kabupaten Bogor, Kabupaten Tangerang, dan Bekasi belum mencapai target vaksinasi COVID-19.

"Aglomerasi Jabodetabek belum turun karena ada di Kabupaten Bogor, Kabupaten Tangerang dan Bekasi masih kekurangan vaksinasi level 3 sehingga kami akan melakukan task force untuk ini," kata Luhut lewat telekonferensi, Senin, 4 Oktober 2021.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya