Resmikan 3 JPO Artistik, Anies: Ini Wajah Baru Jakarta

Wah instagramable nih!

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan tiga Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Bundaran Senayan, Gelora Bung Karno (GBK), dan Polda Metro Jaya, hari ini, Kamis (28/2). Peresmian secara simbolis dilakukan di JPO Gelora Bung Karno.

Jembatan baru ini berdiri dengan desain artistik. Anies sendiri menyebutkan desain-desain penuh karya seni ini jembatan baru di Jakarta sebagai wajah baru Ibu Kota.

1. Anies didampingi sejumlah pejabat DKI

Resmikan 3 JPO Artistik, Anies: Ini Wajah Baru JakartaIDN Times/Margith Juita Damanik

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Purnomo, Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali, Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin, dan Dirut GBK Winarto tampak mendampingi Anies dalam meresmikan tiga JPO artistik ini.

"Dengan mengucap bismillahirrohmannirrohiim JPO Bundaran Senayan, JPO Gelora Bung Karno, JPO Polda Metro Jaya secara resmi dinyatakan digunakan," kata Anies sebelum menekan tombol peresmian.

Baca Juga: Anies Baswedan Rotasi Ribuan Pejabat DKI, Ini Penjelasannnya

2. JPO didesain ramah disabilitas

Resmikan 3 JPO Artistik, Anies: Ini Wajah Baru JakartaIDN Times/Margith Juita Damanik

JPO baru memiliki desain yang tak hanya artistik, namun juga ramah disabilitas. Anies mengatakan desain JPO yang baru ini lebih luas, sehingga ramah untuk pengguna kursi roda. 

"Salah satu keunggulan yang baru, jalannya lebih lebar dan lebih besar, dan dia lebih leluasa bagi pejalan kaki dan penyandang disabilitas," kata Anies, usai peresmian.

Jembatan ini juga dilengkapi elevator, tapi kemungkinan akan beroperasi pada Mei mendatang. "Kita sedang finalisasi untuk lift," kata Anies.

3. Beroperasi mulai pukul 12.00 WIB

Resmikan 3 JPO Artistik, Anies: Ini Wajah Baru JakartaIDN Times/Margith Juita Damanik

JPO ini mulai beroperasi pada pukul 12.00 WIB. Pada waktu yang sama, pelican crossing yang sebelumnya ada sebagai tempat menyeberang akan ditutup.

"Jam 12 nanti pelican crossing akan ditutup. Semua menggunakan JPO," kata Anies.

4. Tidak hanya memberi kenyamanan, tapi juga seni bagi warga Jakarta

Resmikan 3 JPO Artistik, Anies: Ini Wajah Baru JakartaIDN Times/Reza Iqbal

JPO baru ini, menurut Anies, tidak hanya memberikan dan memenuhi kenyamanan fungsi bagi warga Jakarta, namun juga menjadi suasana baru bagi Ibu Kota.

"Fasilitas yang kita bangun tidak hanya memenuhi fungsi bagi warga, tapi secara seni memberi suasana baru yang indah," kata dia.

Unsur keindahan, menurut Anies, perlu diberikan, karena berjalan kaki bukan sekadar perjalanan, namun jadi bagian dari pengalaman.

5. Wajah baru Ibu Kota

Resmikan 3 JPO Artistik, Anies: Ini Wajah Baru JakartaIDN Times/Margith Juita Damanik

"Inilah wajah baru Jakarta," kata Anies usai meresmikan tiga JPO artistik baru Jakarta. "Inilah icon Jakarta dan harapannya akan lebih banyak yang seperti ini," lanjut dia.

Untuk beberapa JPO lama lainnya yang tengah dalam proses perbaikan, Anies berharap, tidak lagi menggunakan desain lama.

Baca Juga: Rotasi Pejabat DKI Dianggap Dendam Politik, Begini Reaksi Anies

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya