Alam Ganjar Dorong Gen Z Manfaatkan Teknologi Digital Kembangkan UMKM

Teknologi digital harus jadi senjata utama UMKM

Jakarta, IDN Times - Putra calon presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo, Muhammad Zinedine Alam Ganjar, hadir dalam acara Creative Talk bertema "Pengembangan Inovasi UMKM Berbasis Kerakyatan Bagi Gen Z", di Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (20/1/2024).

Dalam acara itu, Alam mendorong Gen Z untuk memanfaatkan teknologi digital dalam mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Senjata utama UMKM saat ini adalah teknologi, karena saat ini pelaku industri dituntut harus terampil dalam mengakses fitur, dan memanfaatkan Apps untuk berjualan menggunakan gadget," ujar Alam dalam keterangannya.

Baca Juga: Bertemu Pemuda di Manado, Alam Ganjar Bicara Industri Kreatif

1. Media sosial bisa digunakan untuk menemukan referensi

Alam Ganjar Dorong Gen Z Manfaatkan Teknologi Digital Kembangkan UMKMAlam Ganjar hadir dalam acara Creative Talk 'Pengembangan Inovasi UMKM Berbasks Kerakyatan Bagi Gen Z', di Manado, Sulawesi Utara, pada Sabtu (20/1/2024) (IDN Times/Istimewa)

Alam mengatakan, media sosial seharusnya bisa dimanfaatkan dengan cara positif untuk meningkatkan bisnis. Salah satunya untuk menemukan referensi.

"Social media bisa kita manfaatkan untuk menemukan beberapa referensi, dan inspirasi yang bisa kita modifikasi sesuai dengan model kita masing-masing, karena apabila kita bisa gunakan ini tentu akan mempercepat perkembangan pelaku industri usaha," ucap dia.

Baca Juga: Alam Ganjar Bagi-Bagi Tips Masuk PTN, Coba yuk!

2. Alam juga bicara industri kreatif

Alam Ganjar Dorong Gen Z Manfaatkan Teknologi Digital Kembangkan UMKMAlam Ganjar bertemu dengan pemuda di Manado (IDN Times/Istimewa)

Sebelumnya, Alam Ganjar bertemu dengan sejumlah pemuda di Manado dan berbicara mengenai industri kreatif. Dia mengatakan, saat ini apabila seseorang ingin berkembang, masih memiliki pemikiran harus merantau ke Jakarta.

"Bicara realita dan idealisme, kenapa sekarang untuk berkembang harus ke Jakarta? Karena tak bisa dipungkiri bahwa infrastruktur dan pasar utamanya ada di sana, karena di sana cara untuk berkembang," kata Alam.

Meski demikian, Alam mengaku optimistis pembangunan infrastruktur di Indonesia akan dilakukan merata, termasuk industri kreatif. Oleh karena itu, dia mengajak generasi muda di daerah untuk bisa mengembangkan industri kreatif dari wilayah masing-masing.

"Dengan Indonesia yang luas dan industri musik variatif, harus ada distribusi infrastruktur secara merata, tidak hanya industri musik saja coba kita bayangkan di Manado ada suatu tempat yang menjadi integrasi anak muda bebas mau ngapain aja, ekosistem supporting supaya anak muda gak bingung lagi mau produktif di mana," ucap dia.

3. Harus ada afirmasi dari pemerintah

Alam Ganjar Dorong Gen Z Manfaatkan Teknologi Digital Kembangkan UMKMAlam Ganjar bertemu dengan pemuda di Manado (IDN Times/Istimewa)

Alam mengatakan harus ada afirmasi dari pemerintah mengenai industri kreatif. Menurutnya, afirmasi perlu dibantu pemerintah agar berjalan cepat.

"Tapi saya rasa kalau ini ada di setiap provinsi itu jadi salah satu penyebaran industri musik di Indonesia akan ada tindakan afirmasi terkait industri musik yang belum ada label karena belum ada regulasi konkret yang mengelola hal itu," kata dia.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/KI7ONDPAdMA

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya