Beri Selamat kepada Prabowo, Surya Paloh Dinilai Legawa Anies Kalah

Surya Paloh dinilai terima kekalahan Anies

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengucapkan selamat kepada pangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, yang telah memenangkan Pilpres 2024. Pengamat politik Ujang Komarudin menilai Surya Paloh sudah menerima kekalahan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

“Itu sesuatu yang positif ya, sesuatu yang bagus, NasDem berjiwa besar menerima kekalahan dan menerima kemenangan, artinya proses tahapan pemilu sudah usai, presiden sudah ditetapkan dan NasDem sudah mengakui kemenangan Prabowo dan mengakui kekalahan,” ujar Ujang, Kamis (21/3/2024).

Baca Juga: Prabowo-Gibran Jawara Pilpres 2024, Surya Paloh Sampaikan Selamat

1. Proses demokrasi berjalan baik

Beri Selamat kepada Prabowo, Surya Paloh Dinilai Legawa Anies KalahKetua Umum Partai NasDem Surya Paloh (tengah) menyampaikan dalam waktu dekat akan menemui Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk menindaklanjuti hak angket kecurangan pemilu. (IDN Times/Amir Faisol)

Ujang mengatakan, sikap Partai NasDem itu membuktikan demokrasi berjalan baik. Partai NasDem dinilai mau menerima kekalahan dan mengapresiasi kemenangan lawan.

“Artinya proses demokrasi kita berjalan dengan normal dengan baik dengan bagus walaupun banyak catatan di sana-sini, walaupun masih ada kekurangan di sana-sini dalam proses demokrasi,” ucap dia.

Ujang kemudian mengapresiasi Surya Paloh sebagai partai pertama yang menyampaikan selamat kepada Prabowo-Gibran. Sebab, NasDem merupakan lawan politik pada Pilpres 2024.

“Kita patut berbangga, patut bahagia kepada Pak Surya Paloh dan NasDem yang berjiwa besar untuk menerima pemilu lalu mengucapkan selamat kepada Prabowo-Gibran sebagai bagian dari pada menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” kata dia.

Baca Juga: Anies-Muhaimin Bakal Hadiri Sidang Gugatan Hasil Pemilu di MK

2. Surya Paloh dinilai miliki jiwa nasionalisme yang baik

Beri Selamat kepada Prabowo, Surya Paloh Dinilai Legawa Anies KalahKetua Umum Partai NasDem Surya Paloh (tengah) menyampaikan dalam waktu dekat akan menemui Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk menindaklanjuti hak angket kecurangan pemilu. (IDN Times/Amir Faisol)

Ujang menilai Surya Paloh memiliki jiwa nasionalisme yang baik. Sebab, Surya Paloh ingin mengedepankan persatuan.

“Di situ sebenarnya jiwa nasionalisme Pak Surya Paloh muncul, jiwa nasionalisme Pak Surya Paloh hadir untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, karena pada prinsipnya setelah kontestasi itu kalah menang biasa, yang menang beruntung yang kalah memang belum ditakdirkan Tuhan untuk menang kan begitu,” ucap dia.

Baca Juga: JK, Surya Paloh dan Anies-Muhaimin Bahas Rencana Gugatan Pemilu ke MK

3. Surya Paloh ucapkan selamat

Beri Selamat kepada Prabowo, Surya Paloh Dinilai Legawa Anies KalahKetua Umum Partai NasDem, Surya Paloh menyampaikan selamat kepada Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang menjadi pemenang Pilpres 2024. (IDN Times/Ilman Na'fian)

Sebelumnya, Surya Paloh menyampaikan selamat kepada Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang menjadi pemenang pada Pilpres 2024.

"Partai NasDem mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres tahun 2024," ujar Surya Paloh di kantor DPP NasDem, Jakarta, Rabu (20/3/2024).

NasDem juga menerima hasil Pemilu 2024 yang sudah disampaikan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Partai NasDem menyatakan menerima hasil pemilu 2024 yang telah dilaksanakan pada 14 Februari 2024 lalu, baik legislatif maupun presiden dan wakil presiden dalam pilpres," ucap dia.

Diketahui, hasil Pilpres 2024 diumumkan langsung Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari setelah selesai menetapkan rekapitulasi tingkat nasional di 38 provinsi dan 128 titik pemungutan suara di luar negeri.

"Jumlah suara sah secara nasional sebanyak 164.227.475 suara," kata Hasyim dalam konferensi pers di Gedung KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2024).

Prabowo - Gibran berhasil mengungguli kandidat lainnya dengan raihan 96.214.691 suara.

Kemudian paslon presiden dan wakil presiden nomor urut satu, Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar, berada di urutan kedua dengan 40.971.906 suara.

Terakhir, paslon nomor urut tiga, Ganjar Pranowo - Mahfud MD hanya mampu mengoleksi 27.040.878 suara.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya