Comscore Tracker

Luhut Ikut Hadir Bareng Jokowi di Acara Kades, PKS: Lucu dan Aneh!

PKS menilai acara itu seharusnya dihadiri Menko Polhukam

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera mengkritik hadirnya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan di acara silaturahmi nasional Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) di Istora Senayan, Jakarta. Acara tersebut juga turut dihadiri Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

"Aneh saja, acara Apdesi mestinya Menko Polhukam, tapi Pak LBP yang hadir," ujar Mardani kepada wartawan, Selasa (5/4/2022).

Baca Juga: Apdesi Pendukung Jokowi 3 Periode Klaim Tetap Sah Meski Tak Ada SK

1. Jangan salahkan menterinya, tapi presiden

Luhut Ikut Hadir Bareng Jokowi di Acara Kades, PKS: Lucu dan Aneh!IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Oleh karenanya, Mardani merasa lucu dengan hadirnya Luhut. Namun, dia enggan menyebut kalau itu kesalahan Luhut.

"Tapi tidak bisa disalahkan, karena diajak presiden, tapi lucu dan aneh, kalau dilihat dari sisi manajemen buruk. Menteri pembantu presiden, jangan salahkan menteri, presiden yang mesti mengatur menteri," katanya.

Baca Juga: Depan Luhut, Kepala Desa di Istora Senayan Teriak Jokowi 3 Periode

2. Depan Luhut, Kepala Desa di Istora Senayan teriak Jokowi 3 periode

Luhut Ikut Hadir Bareng Jokowi di Acara Kades, PKS: Lucu dan Aneh!Presiden Jokowi, Menko Marves Luhut Pandjaitan, dan Mendagri Tito Karnavian bertemu kepala desa di Istora Senayan (Puspen Kemendagri)

Sebelumnya, ribuan kepala desa yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) hari ini berkumpul di Istora Senayan, Jakarta. Acara tersebut turut dihadiri oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Dalam acara itu, Luhut menyapa sejumlah kepala desa. Dia menyampaikan kepada kepala desa arah Indonesia mau dibawa ke mana.

Kepala Desa Pasir Wangi, Garut, Jawa Barat, Sutisna, saat berbincang dengan Luhut mengatakan, sang Menteri bisa membantu kemajuan desa.

Menanggapi hal itu, Luhut kemudian meminta doa agar senantiasa diberi kesehatan.

"Hatur nuhun Kang Sutisna. Satu saja permintaan saya boleh? Doain kami sehat sehat. Kalau saya, kita hidup itu harus tahu diri. Saya ulangi ya, saya nasihat sebagai orang tua. Semua di bawah langit ini ada waktunya, jadi kita gak boleh cita-cita yang aneh-aneh," ujar Luhut di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (29/3/2022).

3. Luhut klaim paling banyak melihat percaturan Jokowi

Luhut Ikut Hadir Bareng Jokowi di Acara Kades, PKS: Lucu dan Aneh!Joko WIdodo dan Luhut Binsar Pandjaitan (dok. Biro Pers Kepresidenan | ANTARA/HO-Kemenko Kemaritiman dan Investasi)

Dalam perbincangan itu, Luhut mengklaim sebagai orang yang paling banyak melihat percaturan Jokowi sebagai presiden. Pensiunan jenderal TNI itu mengaku beruntung.

"Mencari presiden seperti Pak Jokowi itu menurut hemat saya tidak mudah. Kita doakan saja satu ketika kita temukan presiden seperti Pak Jokowi. Saya mungkin salah satu yang paling banyak pengalaman dalam melihat percaturan ini, bisa nyatakan kita beruntung dapat Pak Jokowi sebagai Presiden RI," katanya.

Setelah itu, Luhut berbincang dengan Kepala Desa dari Provinsi Aceh bernama Muslim. Dia menyampaikan kondisi hutan di wilayahnya rusak.

"Pejabat banyak yang tinggal Pj (penjabat), tidak maksimal. Tolong didefinitifkan karena di Aceh Tenggara itu sebelah timurnya hutan lindung dan baratnya cuma 13 persen lahan itu. Tolong ini sebagai permintaan kami kepada Bapak," ucap Muslim.

Saat itu, Muslim berteriak Jokowi tiga periode lantaran yakin permintaannya akan dikabulkan.

"Saya yakin Bapak bisa mengabulkannya dan Pak Presiden bisa mengabulkannya. Jokowi 3 periode setuju?" teriak Muslim.

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya