NU-Muhammadiyah Raih Zayed Award Human Fraternity, Ada Peran Megawati

NU dan Muhammadiyah raih Zayed Award 2024

Jakarta, IDN Times - DPP PDI Perjuangan menggelar peringatan Isra Mikraj dan tasyakur penganugerahan Zayed Award Human Fraternity (ZAHF) 2024, yang diterima Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah.

Ketua DPP PDI Perjuangan, Ahmad Basarah, membeberkan peran Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, terhadap penghargaan yang diterima NU dan Muhammadiyah.

"Kita patut bersyukur kepada Allah SWT, untuk pertama kalinya ada organisasi Islam dari Indonesia yakni Muhamdiyah dan NU yang mewakili bangsa Indonesia memenangkan penghargaan lembaga kemanusiaan yang sangat bergengsi di dunia, yakni ZAHF tahun 2024," ujar Basarah di Masjid At-Taufiq, Minggu (11/2/2024).

Baca Juga: Jusuf Kalla Apresiasi NU dan Muhammadiyah Raih Zayed Award 2024

1. Megawati menjadi salah satu juri

NU-Muhammadiyah Raih Zayed Award Human Fraternity, Ada Peran MegawatiKetua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Basarah menjelaskan, Megawati juga menjadi salah satu juri dalam ajang Zayed Award Human Fraternity. Menurutnya, Megawati berhasil meyakinkan juri lainnya agar NU dan Muhammadiyah mendapat penghargaan.

"Hal ini tidak luput dari perjuangan gigih dan kepiawaian diplomasi Ibu Megawati Soekarnoputri dalam menjelaskan dan meyakinkan dewan juri lainnya, tentang latar belakang berdirinya dan peran organisasi NU dan Muhammadiyah dalam memberikan kontribusinya bagi kemerdekaan bangsa Indonesia dan membangun persaudaraan sesama umat Islam (ukhuwah Islamiyah), persaudaraan sesama bangsa Indonesia (Ukhuwah Wathoniyah), dan persaudaraan sesama umat manusia (Ukhuwah Insaniyah) atau persaudaraan kemanusiaan universal, dan peran-peran strategis NU dan Muhammadiyah lainnya bagi bangsa Indonesia dan juga dunia," kata dia.

Baca Juga: Jadi Juri Zayed Award 2024 di Roma, Megawati Rumuskan Nominasi

2. Megawati sebut NU dan Muhammadiyah adalah organisasi keagamaan yang turut hadir dalam kemerdekaan bangsa

NU-Muhammadiyah Raih Zayed Award Human Fraternity, Ada Peran MegawatiKetua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Megawati juga menyampaikan, NU dan Muhammadiyah merupakan organisasi keagamaan yang turut hadir dalam kemerdekaan bangsa.

"Saya sangat tahu apa itu Muhammadiyah, apa itu Nahdlatul Ulama. Karena keluarga saya sebetulnya juga para pejuang. Kakek saya itu pendiri Muhammadiyah dan pengurus di Bengkulu. Jadi dengan begitu, saya mengatakan kalau melihat dari yang kita kocok, kan itu masih 15, saya dari awal ingin menginginkan bahwa yang dua ini seharusnya masuk ke dalam nominasi," ucap Megawati.

3. Ceritakan perjuangan NU dan Muhammadiyah

NU-Muhammadiyah Raih Zayed Award Human Fraternity, Ada Peran MegawatiKetua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Presiden ke-5 RI itu kemudian menceritakan perjuangan NU dan Muhammadiyah dalam memperjuangkan kemerdekaan. Para kiai dan santri juga turun ke medan perang.

Sehingga, semua elemen masyarakat, baik dari kalangan nasionalis dan religius sama-sama melakukan perjuangan kemerdekaan.

"Karena apa? Karena mereka (NU dan Muhammadiyah) para pejuang, beda dari yang lainnya. Mereka ini bertempur, bukannya hanya membuat masjid dan lain sebagainya. Mereka ikut bertempur untuk memerdekakan negara kami, Muhammadiyah 1912, dan NU 1926," imbuhnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya