Survei SMRC: Program 1 Keluarga Miskin, 1 Sarjana Paling Dibutuhkan

Program makan siang dan susu gratis paling tidak dibutuhkan

Jakarta, IDN Times - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terhadap program pasangan calon presiden dan calon wakil presiden 2024. SMRC mengambil masing-masing satu program dari pasangan capres-cawapres.

Responden kemudian diminta untuk memberi tanggapan program mana yang paling dibutuhkan dan tidak dibutuhkan. Survei tersebut dilakukan pada 29 November 2023 hingga 8 Desember 2023. Responden yang terlibat dalam survei itu ada 4.540.

Metode survei yang dilakukan SMRC adalah stratified multistage random sampling. Margin of error dalam survei sekitar 2 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasil survei dirilis SMRC melalui kanal YouTube-nya, pada Kamis (11/1/2024).

Baca Juga: Ganjar Luncurkan Program 1 Keluarga Miskin 1 Sarjana di Sukoharjo

1. Program satu keluarga miskin satu sarjana unggul

Survei SMRC: Program 1 Keluarga Miskin, 1 Sarjana Paling DibutuhkanPasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menuju KPU untuk mendaftar sebagai Capres dan Cawapres pada Kamis (19/10/2023). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Pendiri SMRC, Saiful Mujani mengatakan, pihaknya mengambil masing-masing program unggulan dari pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (tunjangan ibu hamil), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (makan siang dan susu gratis untuk anak sekolah) dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (keluarga miskin satu sarjana).

Program satu keluarga miskin satu sarjana mendapat persentase 48 persen

"Kalau ini yang diadu, yang unggul di mata pemilih adalah satu keluarga miskin, satu sarjana, terlepas dari siapa yang menawarkan," ujar Mujani di kanal YouTube SMRC.

2. Program makan siang dan susu gratis paling tidak dibutuhkan

Survei SMRC: Program 1 Keluarga Miskin, 1 Sarjana Paling DibutuhkanCawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka saat bagikan susu gratis di kegiatan CFD, Jakarta Pusat (3/12/2023) (dok. Istimewa)

Mujani menjelaskan, untuk program tunjangan ibu hamil mendapat persentase 32 persen. Sedangkan program makan siang dan susu gratis untuk siswa sekolah 20 persen.

"Bagi masyarakat, makan siang gratis tidak terlalu penting. Oleh karena itu, kalau saya Pak Prabowo, sudah saya coret program itu," ucap dia.

Baca Juga: Civitas Ganjar Sosialisasikan Satu Keluarga Miskin Satu Sarjana

3. Jaminan perlindungan ibu dari KDRT paling dibutuhkan

Survei SMRC: Program 1 Keluarga Miskin, 1 Sarjana Paling DibutuhkanPasangan Amin jelang debat ketiga KPU pada Minggu (7/1/2024). (IDN Times/Amir Faisol)

SMRC juga merilis survei program lainnya yang paling dibutuhkan masyarakat. Berikut hasilnya:

- Perlindungan ibu dari KDRT (Program AMIN): 47 persen
- Kartu sehat untuk menekan angka stunting (Program Prabowo-Gibran: 37 persen
- Pendampingan 1.000 hari pertama kelahiran (program Ganjar-Mahfud): 16 persen

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya