Gelar Investor Day 2021, Pertamina Siap Akselerasi Bisnis Baru 

Pertamina juga berkomitmen meningkatkan nilai pasar

Jakarta, IDN Times - Keberhasilan Pertamina dalam menjaga kinerja positif di masa pandemik mendapat respons yang sangat baik dari publik, termasuk kalangan investor. Ke depan, Pertamina siap memperkuat pondasi bisnisnya dengan mengakselerasi bisnis-bisnis baru. 

Seperti diketahui, meski menghadapi tantangan pandemik COVID-19, Pertamina berhasil melakukan penghematan biaya USD4,7 miliar, serta membukukan EBITDA sebesar USD7,6 miliar dan laba bersih USD1,05 miliar di tahun 2020. 

Tidak hanya mencetak performa positif, Pertamina juga mengukir milestone baru dengan pembentukan 6 subholding, yaitu di sektor upstream, gas, commercial & trading, refining & petrochemical, integrated marine, serta new & renewable energy.

1. Pembentukan subholding merupakan bentuk komitmen meningkatkan nilai pasar

Gelar Investor Day 2021, Pertamina Siap Akselerasi Bisnis Baru Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha Mansury memberikan sambutan sekaligus pembuka melalui daring dalam acara Pertamina Investor Day 2021 bertema Energizing Sustainable Growth di Kantor Pusat Pertamina, Rabu (23/6/2021). (Dok. Pertamina)

Wakil Menteri I BUMN, Pahala N Mansury, dalam ajang Pertamina Investor Day 2021 menjelaskan, pembentukan subholding, yang juga mendapat dukungan penuh dari pemerintah sebagai pemegang saham Pertamina, merupakan bentuk komitmen untuk meningkatkan nilai pasar Pertamina secara keseluruhan.

“Kami memiliki aspirasi untuk meningkatkan nilai pasar keseluruhan holding dan subholding Pertamina hingga mencapai sekitar USD100 miliar. Sebagai bagian dari itu, maka diperlukan sejumlah aksi korporasi, di antaranya pencarian mitra, apakah itu melalui Indonesia Investment Authorities, atau melalui beberapa aksi korporasi. Kami harapkan inisiatif ini bisa didukung oleh semua investor. Kami berharap hal ini bisa menjadi hal positif untuk mendukung Pertamina,” katanya, Rabu (23/6/2021).

Baca Juga: Pertamina Setop Penggunaan Kartu Kredit Komisaris hingga Direksi

2. Pastikan cepat beradaptasi dengan kondisi pasar yang terus berubah

Gelar Investor Day 2021, Pertamina Siap Akselerasi Bisnis Baru Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati memberikan sambutan melalui daring dalam acara Pertamina Investor Day 2021 bertema Energizing Sustainable Growth di Kantor Pusat Pertamina, Rabu (23/6/2021). (Dok. Pertamina)

Selain itu, upaya lain yang dilakukan untuk meningkatkan nilai perusahaan adalah dengan memastikan perusahaan dapat cepat beradaptasi dengan kondisi pasar yang terus berubah. 

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati pada kesempatan yang sama menyampaikan, hal tersebut dibuktikan dengan membentuk Pertamina New Ventures, yakni salah satu unit bisnis Pertamina untuk mengakselerasi pengembangan bisnis-baru Pertamina. Unit bisnis ini berbasis open innovation, baik dari internal maupun eksternal Pertamina guna mencapai bisnis yang berkelanjutan (sustainable). 

“Pertamina memahami bahwa kondisi pasar, konsumen, persaingan, dan teknologi terus berubah dengan cepat. Ini menuntut kami untuk beradaptasi agar mampu merespons perubahan dengan cepat dan efektif,” ucap Nicke. 

3. Turut mengundang calon mitra bisnis

Gelar Investor Day 2021, Pertamina Siap Akselerasi Bisnis Baru Ilustrasi kilang minyak Pertamina (Dok. Pertamina)

Pertamina Investor Day 2021 mengangkat tema Energizing Sustainable Growth yang merupakan bentuk transparansi, akuntabilitas, dan pertanggungjawaban perusahaan dengan memberikan informasi strategis bagi investor. Pada kegiatan ini, Pertamina turut mengundang calon mitra bisnis supaya lebih memahami proyek-proyek perusahaan dan tertarik bekerja sama dengan perseroan. 

Acara ini berlangsung secara virtual yang dihadiri sekitar 100 peserta dari investor keuangan dan bisnis Pertamina, serta kementerian dan beberapa institusi perwakilan Indonesia di luar negeri.

Kegiatan ini juga menghadirkan Wakil Menteri I BUMN Pahala Nugraha Mansyuri, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, Direktur Keuangan Pertamina Emma Sri Martini, Direktur Strategi, Portofolio & New Ventures Pertamina Iman Rachman, Senior VP Strategy & Investment Pertamina, Daniel Syahputra Purba dan Direktur Rencana Strategis dan Pengembangan Bisnis PT Kilang Pertamina Internasional, Joko Widi Wijayanto. (WEB)

Baca Juga: Pertamina Gandeng Perusahaan Jepang & ITB untuk Mengkaji CCUS

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya