Anies: Warga Ingin Perubahan Bikin Poster dari Hasil Keringat Sendiri

Anies sebut ketimpangan kesejahteraan di RI masih tinggi

Jakarta, IDN Times - Calon Presiden nomor urut 01, Anies Baswedan mengklaim selama satu tahun terakhir turun ke masyarakat, ia mendengar aspirasi warga yang menginginkan perubahan. Keinginan perubahan itu diwujudkan dengan membuat poster sendiri dan tidak didanai oleh pemerintah.

"Jutaan rakyat membuat poster, posko rakyat dari tempat yang tidak kami lihat. Poster itu cemerlang karena bukan didanai dari Jakarta, tetapi didanai dari keringat yang jernih dari hasil kerja kerasnya. Ini merupakan keinginan perubahan," ujar Anies di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta Pusat pada Minggu malam (4/2/2024).

Di sisi lain, Anies juga memaparkan permasalahan yang ada di Indonesia. Pertama, 45 juta orang belum bekerja dengan layak.  Kedua, lebih dari 70 juta tidak punya jaminan sosial, ketiga, karena tinggal jauh dari kota maka masa depan menjadi suram karena akses ke pendidikan semakin sulit.

"Kemampuan tinggi, kesempatan tidak ada. Sangat membuat frustasi melihatnya. Kekerasan seksual dan mental. Ini problem-problem yang tidak menjadi kepedulian segelintir elite. Ini adalah kepedulian dari rakyat kebanyakan," tutur dia lagi.

Permasalahan lain yang disinggung oleh Anies yakni masih adanya ketimpangan kesejahteraan yang dialami oleh mayoritas rakyat. Sedangkan, ada segelintir orang yang menikmati kesejahteraan yang lebih baik.

Debat capres malam ini diikuti oleh Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Debat ini dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (4/2/2024) malam.

Para capres beradu gagasan mengenai Teknologi Informasi, Peningkatan Pelayanan Publik, Hoaks, Intoleransi, Pendidikan, Kesehatan (Post-COVID Society), dan Ketenagakerjaan.

Baca Juga: CEK FAKTA: Salah! Anies Sebut 70 Juta Orang Tak Punya Jaminan Sosial

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya