Hadi Tjahjanto Ditunjuk Jokowi Jadi Komandan Lapangan MotoGP Mandalika

MotoGP akan digelar di Mandalika pada 18-20 Maret 2022

Jakarta, IDN Times - Tak butuh waktu lama bagi Hadi Tjahjanto kembali disibukan dengan agenda besar. Presiden Joko "Jokowi" Widodo memberikan tugas baru bagi Hadi yang telah pensiun sebagai Panglima TNI sebagai Komandan Lapangan MotoGP Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Informasi itu kali pertama disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, melalui unggahan di akun media sosialnya @sandiuno. "Sebagai wujud dari gerak cepat dan gerak bersama, sore tadi saya bertemu dengan Bapak Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto yang baru saja ditunjuk oleh Presiden Jokowi untuk menjadi Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022," tulis Sandi, Sabtu (25/12/2021).

Sandi mengatakan dalam waktu tiga bulan ke depan, pemerintah akan terus melakukan koordinasi dan sejumlah evaluasi. Pemerintah akan menyiapkan beberapa tahap persiapan agar ajang balap MotoGP Mandalika 2022 bisa terselenggara dengan sukses. 

"Jadi, kami bersepakat untuk terus berkoordinasi dan menyelesaikan setiap tahapan persiapan yang ada agar tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu," kata menteri yang juga merupakan politikus Gerindra itu.

Lalu, apa saja tugas yang menanti Hadi agar penyelenggaraan MotoGP di Mandalika yang bakal digelar Maret 2022 berjalan lancar?

1. Hadi bakal menambah lima pintu masuk menuju ke Sirkuit Mandalika

Hadi Tjahjanto Ditunjuk Jokowi Jadi Komandan Lapangan MotoGP MandalikaPemandangan Sirkuit Mandalika dari udara (instagram.com/themandalikagp)

Salah satu agenda Hadi yakni menemui Menteri Komunikasi dan Informatika Jhonny G Plate, Senin (27/12/2021). Dari pertemuan itu, Hadi mendapatkan komitmen dari Jhonny untuk mendukung penuh teknologi dan infrastruktur komunikasi selama perhelatan MotoGP pada Maret 2022. 

Selain itu, di hadapan media, Hadi mengatakan ada beberapa infrastruktur yang perlu dibenahi. Mantan Panglima TNI itu mengatakan akan menambah lima pintu masuk menuju ke Sirkuit Mandalika. 

"Beberapa pintu yang disiapkan yakni Pelabuhan Gili Mas, Pelabuhan Bangsal, Pelabuhan Lembar, dan Pelabuhan Kayangan," kata Hadi. 

Sementara, satu pintu masuk lainnya melalui jalur udara. Menurut Hadi, empat pintu masuk melalui pelabuhan akan membuat penonton lebih merasa nyaman untuk ke Sirkuit Mandalika. 

Sedangkan, untuk bandara, kata Hadi, pihaknya akan menyiapkan agar Bandara Lombok bisa menampung pesawat berbadan lebar seperti Boeing 777 dan 747. Dengan begitu, persiapan logistiknya bisa lebih mudah didistribusikan. 

Paddock pun juga bakal dibenahi oleh Hadi. Panitia juga akan menyiapkan grandstand dengan kapasitas 50 ribu penonton. 

"Kami akan siapkan untuk penonton premium dan reguler. Tetapi, itu di luar royal box ya," kata dia. 

Hadi bertekad serius dalam menyiapkan pagelaran MotoGP 2022. "Kami akan mensimulasi kekurangannya apa, agar penyelenggaraan pada Maret nanti sukses," tuturnya. 

Baca Juga: Saat Personel Polri Beri Hormat Panglima TNI di Jalan Sudirman

2. Kementerian Kominfo bakal pastikan ketersediaan jaringan fiber optik agar komunikasi lancar

Hadi Tjahjanto Ditunjuk Jokowi Jadi Komandan Lapangan MotoGP MandalikaFoto udara pembangunan lintasan sirkuit pada proyek Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Selasa (6/4/2021). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Menteri Jhonny juga menjelaskan Kementerian Kominfo akan memastikan ketersediaan jaringan fiber optik yang memadai agar transmisi data dari Sirkuit Mandalika ke seluruh Indonesia serta dunia berjalan lancar. Hadi dan Jhonny juga berdiskusi tentang penyediaan bandwidth dan Base Transceiver Station (BTS) dari operator seluler.

Politikus Nasional Demokrat mengatakan pihaknya telah melakukan rapat dengan operator seluler untuk memastikan layanan komunikasi tetap memadai selama penyelenggaraan MotoGP yang akan dihelat pada Maret 2022 tersebut.

"Di sana kebetulan ada dua operator besar yang beroperasi di Mandalika, yaitu Telkomsel dan XL. Saya sendiri sudah melakukan rapat dengan operator seluler di mana mereka juga sudah memastikan akan memberikan layanan telekomunikasi yang memadai pada saat penyelenggaraan MotoGP," ucap Jhonny.

Selain kawasan di sekitar arena MotoGP, peningkatan layanan komunikasi juga akan dilakukan di area penginapan. Hadi dan Jhonny juga tengah mendiskusikan lokasi yang akan memperoleh penguatan sinyal telekomunikasi.

3. Dorna Sports menetapkan pagelaran MotoGP dihelat pada 18-20 Maret 2022

Hadi Tjahjanto Ditunjuk Jokowi Jadi Komandan Lapangan MotoGP MandalikaFoto udara pembangunan lintasan sirkuit pada proyek Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Selasa (6/4/2021). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Sebagai informasi, Indonesia resmi masuk kalender pagelaran MotoGP pada 2022. Dorna Sports telah menetapkan pelaksanaan MotoGP di Indonesia pada 18-20 Maret 2022 dan World Super Bike pada 11-13 November 2022.

Sedangkan, pertandingan pra musim MotoGP di Mandalika bakal digelar pada 11-13 Februari 2022. Acara itu bakal dihadiri 900 pembalap dan ofisial.

Baca Juga: Menpar: Pembangunan Sirkuit Mandalika Berpotensi Beri Pemasukan Rp1 T

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya