5 Doa Wajib Agama Katolik yang Wajib Dihafalkan 

Kumpulan doa wajib bagi kamu yang beragama Katolik!

Jakarta, IDN Times - Doa dasar agama Katolik berikut ini merupakan doa wajib yang harus dihafalkan bagi umat-umat Katolik di belahan dunia mana pun. Berdoa merupakan suatu hal yang tidak bisa dipisahkan dalam hidup manusia, terutama bagi orang-orang yang percaya akan hadirnya Tuhan dalam hidup mereka.

Penting sekali untuk belajar dan mengetahui dasar-dasar dari agama yang kita anut, baik dari tata cara berdoanya, kitab sucinya, maupun doa-doa yang menjadi landasan dasar dari sebuah agama tersebut dapat berdiri, termasuk agama Katolik.

Apa saja lima doa dasar agama Katolik yang wajib dihafalkan? Langsung saja kita simak artikel berikut.

Baca Juga: 7 Nama Artis yang Menggunakan Tokoh Suci Gereja Katolik

1. Doa Tanda Salib

5 Doa Wajib Agama Katolik yang Wajib Dihafalkan Paus Fransiskus. (ANTARA FOTO/Reuters-Kim Kyung Hoon)

Doa yang pertama dan selalu digunakan oleh umat Katolik yaitu Tanda Salib. Doa ini merupakan hal pertama yang wajib dilakukan bagi umat Katolik sebelum dan sesudah melakukan doa. Doa Tanda Salib ini merupakan sebuah pembuka sebelum kita berkomunikasi dengan Tuhan, dan sebagai penutup setelah selesai berkomunikasi dengan Tuhan.

Bunyinya yaitu:


Dalam nama Bapa, dan Putra, dan Roh Kudus. Amin.


Biasanya doa ini diikuti dengan gesture atau gerakan membentuk salib di badan umat yang sedang ingin memulai berdoa dan sesudah berdoa.

2. Doa Kemuliaan

5 Doa Wajib Agama Katolik yang Wajib Dihafalkan Ilustrasi Doa Kemuliaan (churchofscotland.org.uk)

Doa wajib yang kedua yaitu Doa Kemuliaan. Doa ini biasanya diselipkan pada akhir doa panjang atau doa utama yang ingin kita sampaikan. Setelah doa utama selesai kita panjatkan, umumnya umat-umat Katolik akan melanjutkan dengan Doa Kemuliaan pada akhir doa, yang berguna sebagai penutup. Bunyinya yaitu:


Kemuliaan kepada Bapa dan Putra dan Roh Kudus.  Seperti pada permulaan, sekarang selalu dan sepanjang segala abad. Amin.


Doa Kemuliaan sendiri memiliki makna sebagai ucapan syukur kita, umat manusia. Akan kemuliaan Tuhan yang telah diberikan kepada manusia, baik dari awal sejak manusia ada, saat ini, dan sampai selama-lamanya.

Baca Juga: 5 Doa dari Anak untuk Kedua Orangtua Sesuai Ajaran Agama Katolik

3. Doa Terpujilah

5 Doa Wajib Agama Katolik yang Wajib Dihafalkan Ilustrasi Doa Terpujilah (timesofisrael.com)

Doa wajib yang ketiga yaitu Doa Terpujilah. Sama seperti Doa Kemuliaan, Doa Terpujilah ini, umumnya disisipkan pada akhir dari doa utama kita. Dan biasanya Doa ini diucapkan setelah Doa Kemuliaan selesai kita panjatkan. Doa Terpujilah sendiri merupakan doa penutup Rangkaian Sepuluh Salam Maria yang ada pada Doa Rosario, yang sering dilakukan oleh umat Katolik. Bunyinya yaitu,


Terpujilah nama Yesus, Maria, dan Santo Yosef. Sekarang dan selama-lamanya. Amin. 


Doa Terpujilah merupakan doa pujian kepada keluarga Kudus Nazaret, yaitu Yesus, Maria, dan Yosef yang menjadi teladan bagi keluarga-keluarga kristiani.

4. Doa Bapa Kami

5 Doa Wajib Agama Katolik yang Wajib Dihafalkan Ilustrasi umat Katolik yang sedang berdoa di gereja. (Unsplash.com/Josh Applegate)

Doa Bapa Kami merupakan doa yang sudah sangat terkenal baik bagi kalangan umat kristiani maupun non kristiani. Doa Bapa Kami sendiri merupakan doa yang diajarkan Yesus kepada murid-muridnya sebagai pedoman berdoa. Bunyinya yaitu:


Bapa kami yang ada di surga. Dimuliakanlah namaMu. Datanglah kerajaanMu, Jadilah kehendakMu, di atas bumi seperti di dalam surga. Berilah kami rejeki pada hari ini, dan ampunilah kesalahan kami, seperti kamipun mengampuni yang bersalah kepada kami, dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan, tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat. Amin.


Doa Bapa Kami merupakan doa yang dijadikan acuan oleh umat-umat kristiani dibelahan dunia mana pun.

5. Salam Maria

5 Doa Wajib Agama Katolik yang Wajib Dihafalkan Pemimpin Umat Katolik Sedunia, Paus Fransiskus. (Instagram.com/franciscus)

Doa wajib yang terakhir yaitu doa Salam Maria. Doa satu ini tidak kalah terkenalnya dengan doa Bapa Kami. Salam Maria merupakan ucapan salam dari Malaikat Gabriel ketika menyampaikan Kabar Gembira. Salam ini merupakan doa Tuhan sendiri. Bunyinya yaitu,


Salam Maria, penuh rahmat, Tuhan serta-Mu, terpujilah Engkau di antara wanita, dan terpujilah buah tubuh-Mu, Yesus. Santa Maria, Bunda Allah, doakanlah kami yang berdosa ini, sekarang dan waktu kami mati. Amin.


Melalui doa Salam Maria, kita menyatukan diri dengan Bunda Maria dan meminta doa serta rahmatnya untuk selalu membimbing kita, baik sekarang saat masih hidup, maupun ketika nanti kita mati.

Baca Juga: Daftar Doa Permohonan Sesuatu kepada Tuhan dalam Agama Katolik

Nah, itu dia 5 doa wajib agama Katolik yang wajib dihafalkan bagi umat Katolik. Doa-doa tersebut merupakan doa yang sering dipanjatkan sehari-hari, maupun pada saat ada upacara besar keagamaan umat Katolik. Semoga bermanfaat!

 

Penulis: Geraldy Valentino Tjahjana

Topik:

  • Bella Manoban
  • Anata Siregar
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya