Comscore Tracker

Doa Agar Terhindar dari Bahaya Ular dan Cara Pengobatannya 

Menghindari bahaya ular bisa dengan fisik dan nonfisik

Jakarta, IDN Media - Kemunculan ular kobra yang marak dimana-mana meneror warga Jakarta dan sekitarnya. Warga ngeri karena kobra yang muncul tidak hanya satu atau dua, tapi belasan ekor.

Di Kota Bekasi, yang berbatasan langsung dengan wilayah Jakarta Timur, 63 ular kobra berhasil dievakuasi oleh Pemadam Kebakaran selama 17 hari, sepanjang Desember 2019.

Meski ahli reptilia menyebut kemunculan kobra di akhir tahun ini wajar karena memasuki musim hujan, namun tak ada salahnya kita melakukan sejumlah langkah agar terhindar dari bahaya ular. Beberapa hal bisa dilakukan untuk menghindar dari bahaya ular, di antaranya menjaga rumah dan lingkungan tempat tinggal tetap bersih, dan tentu saja selalu berdoa meminta perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Berikut doa yang bisa dibaca agar terhindar dari bahaya ular dan kejahatan makhluk lainnya, termasuk di antaranya ular kobra dan hewan berbisa lainnya.

Baca Juga: Induk Ular Kobra Dievakuasi di Jeruk Purut, Sempat Semburkan Bisa

1. Doa agar terhindar dari bahaya ular, macan, dan kejahatan makhluk lainnya

Doa Agar Terhindar dari Bahaya Ular dan Cara Pengobatannya (Petugas dinas pemadam kebakaran mengevakuasi seekor ular King Kobra (Ophiophagus Hannah) saat ditemukan di kawasan permukiman warga Jakasampurna, di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/12). (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)

Dikutip dari nu.or.id, ini doa yang bisa dibaca agar terhindar dari bahaya ular. 

"Ya ardhu, rabbi wa rabbukillah. A'udzu billahi min syarriki, wa syarrima fiki, wa syarrima yadibbu 'alaiki. A'udzu billahi min asadin wa aswadin wa hayyatin wa 'aqrabin wa min syarri walidin wa ma walad wa min syarri sakinil balad."

Artinya, "Hai bumi, Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah. Aku berlindung kepada Allah dari kejahatanmu, kejahatan barang yang ada padamu, kejahatan barang yang berjalan di atasmu. Aku berlindung kepada Allah dari macan, ular hitam, segala ular, kalajengking, dari kejahatan segala yang beranak dan yang diberanakkan, dan dari kejahatan yang berdiam di tempat ini." (Lihat Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, [Jakarta, Cetakan Al-‘Aidrus]).

Dengan melafalkan doa ini, semoga Allah melindungi kita, keluarga kita, dan masyarakat dari bahaya ular dan segala gangguan makhluk-Nya yang lain.

2. Ada juga doa jika tersengat atau digigit ular dan hewan berbisa lainnya

Doa Agar Terhindar dari Bahaya Ular dan Cara Pengobatannya IDN Times/Debbie Sutrisno

Tidak hanya doa menghindari bahaya ular, ada juga doa jika tersengat atau digigit ular dan hewan berbisa lainnya.

Doa ini diriwayatkan oleh Abu Said Al-Khudri RA yang bercerita, bahwa satu rombongan sahabat Rasulullah menempuh perjalanan hingga singgah di sebuah perkampungan Arab. Mereka berharap diterima oleh penduduk setempat dan bermukim. Tetapi penduduk menolak mereka.

Ketika pemuka penduduk setempat disengat hewan berbisa, mereka berusaha keras untuk mengobatinya, tetapi gagal. Seorang warga kemudian mengusulkan untuk menghadirkan rombongan musafir tersebut.

3. Ini doa dan cara mengobati jika tersengat ular atau hewan berbisa lainnya

Doa Agar Terhindar dari Bahaya Ular dan Cara Pengobatannya Penangkapan ular (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Diriwayatkan dalam Bukhari dan Muslim dari sahabat Abu Said Al-Khudri RA, doa yang dibaca adalah Surat Al-Fatihah dan mengusapnya pada bagian tubuh yang tersengat hewan berbisa.

Dalam riwayat itu disebutkan, Rasulullah yang mendengar hal ini bersabda, "Tahukah kamu bahwa itu (Surat Al-Fatihah) adalah ruqyah (semacam mantra atau jampi)."

Riwayat ini ditulis oleh Imam An-Nawawi dalam Kitab Al-Adzkar. Selain upaya medis, kita juga perlu berdoa kepada Allah untuk memohon kesembuhan dan perlindungan-Nya. 


Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Kisah Mistis di Balik Penemuan 30 Cangkang Telur Ular Kobra di Bekasi

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya