Comscore Tracker

Media Sosial Dibuat Down, Menkominfo Ikut Kena Imbasnya

Media sosial akan stabil jika kondisi sudah kondusif

Jakarta, IDN Times - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan media sosial akan kembali stabil, apabila kondisi pasca-pengumuman hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019 sudah stabil.

Sebelumnya, Kominfo memang melakukan pembatasan penyebaran informasi di media sosial. Hal itu menyebabkan beberapa media sosial seperti WhatsApp dan Facebook, mengalami down.

1. Media sosial kembali stabil apabila situasi sudah kondusif

Media Sosial Dibuat Down, Menkominfo Ikut Kena ImbasnyaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Terkait beberapa media sosial yang down akibat pemerintah membatasi penyebaran informasi, Rudiantara mengatakan akan kembali menyetabilkan media sosial apabila situasi sudah kondusif. Adanya arahan situasi sudah aman apabila pihak keamanan menyatakan kondisi sudah kondusif.

"Tunggu kondusif, yang bisa menyatakan suasana kondusif atau tidak tentu dari pihak masukan dari pihak keamanan ya. Dari sisi intelijen, dari sisi Polri, dari sisi TNI, utamanya ya," kata Rudiantara di Gedung Kemenko Polhukam, Kamis (23/5).

2. Rudiantara merasakan dampak fitur media sosial dibatasi

Media Sosial Dibuat Down, Menkominfo Ikut Kena ImbasnyaANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Nantinya, lanjut Rudiantara, apabila keadaan sudah kondusif, Kominfo akan kembali membuat media sosial menjadi stabil. Karena dirinya juga mengaku merasakan dampak beberapa fitur media sosial yang dibatasi.

"Kalau sudah kondusif, kita akan buka akan fungsikan kembali fitur-fitur, karena saya sendiri pun merasakan dampak yang saya buat sendiri," ujar dia.

Media Sosial Dibuat Down, Menkominfo Ikut Kena ImbasnyaIDN Times/Sukma Shakti

3. Rudiantara berharap situasi kembali aman

Media Sosial Dibuat Down, Menkominfo Ikut Kena ImbasnyaANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Berkaitan kapan situasi dinyatakan kondusif dan aman, Rudiantara mengaku belum mengetahuinya. Ia berharap situasi di Ibu Kota bisa segera pulih dan kondusif lagi.

"Belum tahu. Saya berdoa supaya biar segera pulih lah dan doa ini kan bukan doa saya sendiri dan doa teman-teman juga kan," ucap dia.

Baca Juga: Niat Mencari Kerja di Jakarta, Pemuda Bima Ini Jadi Korban Aksi 22 Mei

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You