Daftar Partai yang Siap Gulirkan Hak Angket Kecurangan Pemilu 2024

NasDem hingga PDI Perjuangan

Jakarta, IDN Times - Koalisi Perubahan yang terdiri dari Partai NasDem, PKB, dan PKS, telah menegaskan komitmennya dalam mendukung hak angket terkait dugaan kecurangan yang muncul dalam Pilpres 2024.

Partai pengusung Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Nomor Urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar itu menunjukkan upaya bersama untuk memastikan proses pemilu yang adil dan transparan.

PDI Perjuangan (PDIP) yang mengusung Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD juga dipastikan siap menggulirkan hak angket.

Berikut partai politik yang mendukung digulirkannya hak angket!

Baca Juga: AHY soal Hak Angket Usut Kecurangan Pemilu: Tak Ada Urgensinya

1. NasDem

Daftar Partai yang Siap Gulirkan Hak Angket Kecurangan Pemilu 2024Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (tengah) menyampaikan dalam waktu dekat akan menemui Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk menindaklanjuti hak angket kecurangan pemilu. (IDN Times/Amir Faisol)

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, menyatakan penggunaan hak angket kecurangan Pemilu 2024 di parlemen wajib digunakan. Menurut dia, hak angket merupakan hak konstitusional DPR RI.

Dia juga mewajibkan fraksi Partai NasDem di DPR ikut serta dalam hak angket dugaan kecurangan Pilpres 2024. Paloh menilai, sangat disayangkan bila hak angket yang menjadi keistimewaan bagi anggota DPR di parlemen tidak dimanfaatkan dengan baik.

"Kalian tahu itu kan hak konstitusional yang ada. Saya pikir wajib, wajib ya. Bukan hanya sekadar mengiyakan, tapi wajib untuk menghormati, menghargai hak-hak konstitusional itu," kata Paloh saat ditemui usai rapat bersama Koalisi Perubahan di Wisma Nusantara, Jakarta Pusat, Jumat (23/2/2024).

Baca Juga: Surya Paloh: NasDem Siap Jadi Oposisi Pascapemilu 2024

2. PKB

Daftar Partai yang Siap Gulirkan Hak Angket Kecurangan Pemilu 2024Sekjen PKB Hasanuddin Wahid sebut materi ekonomi bukan hal baru bagi Cak Imin. (IDN Times/Amir Faisol)

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyatakan dukungannya terhadap usulan Ganjar Pranowo untuk mengusulkan penyelidikan terhadap dugaan kecurangan dalam pemilihan umum.

Sekjen PKB, Hasanuddin Wahid atau Cak Udin, menegaskan, PKB akan bergabung dengan pihak yang bertekad untuk memastikan pemilu yang transparan, adil, dan mengedepankan kebenaran.

Pernyataan tersebut disampaikan setelah rapat antara Sekjen PKB, Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim, dan Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Al Habsyi di NasDem Tower, Jakarta Pusat, pada Kamis (22/2/2024).

"PKB pasti akan bersama mereka yang menjaga dan mengawal kedaulatan rakyat, kecurangan tidak boleh terjadi dinegeri ini. Karena itu kami akan berdiri bersama mereka," kata dia.

Baca Juga: Selain Hak Angket, Anies Buka Opsi Tempuh Jalur MK Gugat Hasil Pemilu

3. PKS

Daftar Partai yang Siap Gulirkan Hak Angket Kecurangan Pemilu 2024Sekjen PKB Hasanuddin Wahid (kiri), Sekjen PKS Habib Aboe Bakar (tengah), dan Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim (kanan) rapat bareng untuk memutuskan hak angket kecurangan pemilu 2024. (IDN Times/Amir Faisol)

Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Aboe Bakar Al Habsy, menganggap bahwa penerapan hak angket di DPR RI sangat penting guna menyelidiki dugaan pelanggaran dalam Pemilu 2024.

Dia berpendapat, partai politik yang mendukung Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, serta Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, sebaiknya menggunakan hak angket sebagai alternatif daripada melaporkan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Ini menarik, angket ini bagus daripada kita ke MK ada pamannya, lebih baik kita ke angket, cantik,” kata Aboe saat konferensi pers usai para sekjen partai Koalisi Perubahan melakukan rapat tertutup di NasDem Tower, Jakarta, Kamis (22/2/2024).

Baca Juga: PKS: Lebih Baik Gunakan Hak Angket daripaka ke MK

4. PDI Perjuangan

Daftar Partai yang Siap Gulirkan Hak Angket Kecurangan Pemilu 2024Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Ganjar Pranowo juga memastikan bahwa partai yang mendukungnya di DPR RI telah menyetujui untuk menyelidiki dugaan kecurangan dalam Pemilu 2024, yaitu PDIP dan PPP.

Dia menjelaskan, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, juga telah berkomunikasi dengan Fraksi PDIP di DPR RI mengenai masalah tersebut.

"Sekjen sudah menyampaikan kok. Kalau Sekjen itu artinya sudah partai ya," ujar Ganjar di Jakarta, Jumat (23/2/2024).

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang. 

Baca Juga: Ganjar Pastikan Partai Pendukungnya di DPR Setuju soal Hak Angket

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya