Momen Mesra Muhaimin dengan Dasco, Sinyal PKB Gabung Koalisi Prabowo?

Keduanya sama-sama pimpinan DPR

Jakarta, IDN Times - Calon Wakil Presiden Nomor Urut 1, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) buka suara soal posting-an momen kehangatan bersama Ketua Harian DPP Gerindra, Sufmi Dasco di akun media sosial pribadinya.

Saat ditanya apakah itu sinyal rekonsiliasi PKB gabung ke koalisi Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Cak Imin menjelaskan unggahan itu merupakan momen kemesraan dengan kawan lamanya di DPR sejak perhelatan Pemilu 2024.

“Saya memang satu kantor dengan Pak Dasco, tapi sudah berbulan-bulan saya gak pernah ketemu dan sejak pilpres pendaftaran sampai kemarin itu baru pertama kali ketemu,” ujar Cak Imin saat ditemui di rumah dinasnya, kawasan Jakarta Selatan, Sabtu (20/4/2024) siang.

Baca Juga: Prioritaskan Kualitas, Muhaimin Emoh Paksakan Kader PKB Maju Pilkada

1. Tak ada makna lain, sesuatu yang wajar

Momen Mesra Muhaimin dengan Dasco, Sinyal PKB Gabung Koalisi Prabowo?Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Cak Imin menegaskan, unggahan itu sebenarnya sesuatu yang wajar. Sebab, dirinya dan Dasco merupakan pimpinan dewan yang selalu bersama menghadiri kegiatan rapat DPR. Keduanya sama-sama Wakil Ketua DPR RI.

“Sehingga itu bagian dari pengumuman sejak sekarang saya masuk lagi ke DPR (setelah cuti). Tidak ada makna yang lain ya karena Pak Dasco juga tidak pernah mengajak ngomong apa-apa sih,” tegasnya.

Baca Juga: Bupati Sidoarjo Jadi Tersangka Korupsi, Cak Imin: Sudah Dipecat 

2. Muhaimin dan Dasco terus berkomunikasi

Momen Mesra Muhaimin dengan Dasco, Sinyal PKB Gabung Koalisi Prabowo?Ketua Harian Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Ketua Umum PKB itu pun mengakui, komunikasinya dengan Dasco hingga saat ini terjalin lancar karena memiliki ruang kerja yang berdekatan.

Hal itu disampaikan Cak Imin menanggapi Sekjen Gerindra, Ahmad Muzani yang menyebut komunikasi dirinya dengan Dasco ‘jos’.

“Oh iya kalau komunikasi dengan Pak Dasco kan sama-sama. Ruang kerjanya saja jadi satu, satu lorong,” ucap Cak Imin.

Diketahui, Cak Imin mengunggah foto kebersamaan dengan Dasco saat kembali lagi ke parlemen usai cuti karena maju Pilpres 2024. Momen itu diunggah pada pada Kamis (17/4/2024) lalu. Terlihat Cak Imin tampak tertawa bersama Dasco sambil bersalaman erat dan tangan lainnya merangkul.

Baca Juga: Gerindra: Amicus Curiea Megawati Sudah Terpatahkan di Sidang MK

3. PKB akui internal terpecah, mau oposisi atau gabung koalisi Prabowo

Momen Mesra Muhaimin dengan Dasco, Sinyal PKB Gabung Koalisi Prabowo?Capres dan Cawapres Nomor Urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (YouTube/Prabowo Gibran)

PKB diketahui akan memutuskan sikapnya untuk menjadi oposisi atau berkoalisi dengan pemerintahan Prabowo-Gibran setelah putusan sengketa Perselisihan Hasil Pemilhan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di MK.

Wasekjen DPP PKB, Syaiful Huda, mengakui di internal PKB ada yang setuju menjadi oposisi dan ada juga yang mendukung bergabung ke koalisi Prabowo-Gibran apabila nanti ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden terpilih Pemilu 2024.

“Ya di internal kami ada yang setuju (menjadi oposisi), ada yang tidak (setuju menjadi oposisi),” kata Huda di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (1/4/2024).

Huda mengatakan, PKB akan memutuskan sikapnya secara keorganisasian usai putusan sengketa PHPU Pemilu 2024 di MK. Oleh sebab itu, PKB sampai hari ini masih menunggu dan menghormati proses yang sedang berjalan di MK.

“Secara organisasi pasti nanti PKB akan ambil keputusan pasca-MK, kita akan mengambil keputusan secara resmi,” kata dia.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times.

Baca Juga: Bertemu Malam-Malam, Anies-Cak Imin Bahas PHPU Pilpres 2024 di MK

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya