Momen Prabowo Usap Keringat saat Debat Bertema HAM

Ganjar singgung soal pelanggaran HAM

Jakarta, IDN Times - Calon presiden (capres) nomor urut dua, Prabowo Subianto beberapa kali tampak mengusap keringat saat mengikuti debat calon presiden putaran pertama di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU RI), Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023) malam.

Salah satu momen yang menjadi sorotan ialah ketika capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo, menyinggung soal pelanggaran hak asasi manusia (HAM) masa lalu.

1. Ganjar bertanya kepada Prabowo soal pengusutan kasus pelanggaran HAM berat

Momen Prabowo Usap Keringat saat Debat Bertema HAMTiga paslon presiden dan wakil presiden saat mengikuti debat di Gedung KPU RI, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Ganjar bertanya kepada Prabowo, apakah akan mengusut sejumlah pelanggaran HAM berat, mulai dari peristiwa 65, penembakan misterius, kasus Talangsari, penghilangan paksa, hingga kasus Wamena.

Politikus PDIP itu, juga menyinggung pada 2009, DPR sudah mengeluarkan rekomendasi kepada presiden. Di antaranya terkait pembentukan pengadilan HAM ad hoc, menemukan 13 korban penghilang paksa, kompensasi dan pemulihan, hingga meratifikasi konvensi anti-penghilangan paksa sebagai upaya pencegahan.

"Pertanyaan saya dua, kalau bapak ada di situ, apakah akan membuat pengadilan HAM dan akan membereskan rekomendasi DPR?" tanya Ganjar.

"Yang kedua di luar sana menunggu banyak ibu-ibu, apakah bapak bisa membantu menemukan di mana kuburan korban yang hilang agar mereka bisa berziarah?" sambung Ganjar.

2. Prabowo usap wajah dengan handuk kecil

Momen Prabowo Usap Keringat saat Debat Bertema HAM(YouTube/KPU RI)

Dalam kesempatan itu, Prabowo sempat mengambil sebuah handuk kecil dari kantong celananya. Ia kemudian mengelap keringat di wajahnya, khususya di bagian dahi.

Selain momen pembahasan soal HAM, Prabowo memang tampak berkali-kali mengelap keringat di wajahnya. Prabowo juga kembali mengusap keringat di wajahnya saat sesi jeda debat.

Selain itu, Prabowo sempat menyalami Ganjar saat ingin kembali ke tempat duduknya. Sementara, Anies langsung berjalan ke arah tempat duduknya.

Lalu, Prabowo bersalaman dengan cawapresnya, Gibran Rakabuming Raka. Prabowo kemudian mengambil tisu berwarna putih dari meja. Ia kembali mengusap tisu tersebut ke wajahnya yang berkeringat.

3. Prabowo pastikan akan membela HAM

Momen Prabowo Usap Keringat saat Debat Bertema HAMCalon presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto saat menghadiri debat capres di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat. (youtube.com/IDN Times)

Dalam kesempatan itu, capres nomor urut dua itu memastikan dirinya bersama cawapres Gibran Rakabuming Raka berkomitmen membela HAM. Dia memastikan, dirinya akan berjuang membela HAM. Buktinya, kata dia, banyak aktivis yang bergabung menjadi pendukungnya jelang Pilpres 2024.

"Saya merasa bahwa saya yang sangat keras membela hak asasi manusia, nyatanya orang-orang yang dulu ditahan tapol-tapol, yang katanya saya culik, sekarang ada di pihak saya, membela di pihak saya," kata dia, berapi-api, seraya menunjuk ke arah mantan aktivis Budiman Sudjatmiko yang duduk di belakangnya.

Budiman merupakan salah satu dari 13 aktivis yang sempat diculik prajurit TNI bernama Tim Mawar di bawah komando Prabowo saat itu. Budiman kini bergabung ke Partai Gerindra, setelah keluar dari PDI Perjuangan (PDIP).

Prabowo lantas meminta kepada Ganjar agar tidak mempolitisasi isu pelanggaran HAM. Sebab, mantan Danjen Kopassus itu menilai isu tersebut politis, karena muncul setiap lima tahun sekali, saat dia hendak maju dalam kontestasi pilpres.

"Masalah yang bapak tanyakan agak tendensius. Kenapa yang 13 orang hilang pada saat itu ditanya kepada saya? Itu tendensius, Pak Ganjar. Dan wakil bapak (Mahfud MD) yang mengurusi ini selama ini. Jadi kalau memang keputusannya mengadakan pengadilan HAM, ya kita adakan pengadilan HAM, gak ada masalah," jelas Prabowo.

"Apa lagi yang mau ditanya kepada saya? Saya sudah jawab berkali-kali tiap lima tahun, kalau polling saya naik ditanya lagi soal itu," tegas dia.

Baca Juga: Budiman Sudjatmiko Pernah Tanyakan Penculikan Aktivis 98 ke Prabowo

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya