Comscore Tracker

Pemimpin Partai Buruh, Anthony Albanese Dilantik Jadi PM Australia

Albanese dilantik lebih awal untuk hadiri pertemuan Quad

Jakarta, IDN Times - Pemimpin Partai Buruh, Anthony Albanese, pada Senin (23/5/2022), dilantik sebagai perdana menteri ke-31 Australia. Pelantikan Albanese dilakukan kendati suara hasil pemilihan masih terus dihitung dan pemerintah baru belum selesai dibentuk.

"Ini hari penting dalam hidup saya, tapi hari penting bagi negara ini, ketika kita berganti pemerintah," kata Albanese kepada para wartawan, di luar kediamannya di pinggiran kota Sydney, menjelang upacara pelantikan dilansir Reuters dari ANTARA.

Baca Juga: Australia Konfirmasi 2 Kasus Cacar Monyet, Penderita Baru dari Eropa

1. Albanese janji bawa perubahan

Albansese diambil sumpah oleh Gubernur Jenderal David Hurley dalam upacara di ibu kota Australia, Canberra.

"Saya ingin menyalurkan kesempatan yang kita miliki untuk membentuk perubahan agar kita membawa rakyat bersama kita untuk berjalan menuju perubahan. Saya ingin membawa negara ini bersama-sama," ujarnya.

Baca Juga: Ferdinand Marcos Diam-diam ke Australia, Ada Agenda Apa? 

2. Dilantik lebih awal agar bisa hadiri pertemuan Quad

Pemimpin Partai Buruh, Anthony Albanese Dilantik Jadi PM AustraliaPertemuan Sekretaris Negara, Michael Pompeo dengan Menteri Luar Negeri India, Australia dan Jepang. twitter.com/SecPompeo/

Pelantikan dilakukan lebih awal agar sang perdana menteri baru bisa menghadiri pertemuan utama kelompok keamanan "Quad" di Tokyo pada Selasa (24/5/2022), dilansir BBC. Albanese pada pertemuan itu akan didampingi Menteri Luar Negeri Penny Wong, yang juga baru dilantik.

Kelompok Quad dipandang sebagian besar pihak, bertujuan untuk melawan pengaruh China yang berkembang di kawasan Indo-Pasifik.

Pertemuan kali ini digelar menyusul ketegangan diplomatik baru-baru ini di Pasifik, setelah Kepulauan Solomon menandatangani pakta keamanan dengan China bulan lalu. AS dan Australia khawatir dengan kesepakatan, China bisa membangun pangkalan angkatan laut di Solomon.

Albanese juga mengatakan menantikan perjumpaan dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden serta perdana menteri Jepang dan India pada pertemuan tersebut. Albanese mengatakan bahwa ia sudah berbicara dengan Biden pada Minggu (22/5/2022). 

Baca Juga: Morrison Kalah Pemilu, Anthony Albanese Akan Jadi PM Baru Australia

3. Albanese pemimpin Partai Buruh

Pemimpin Partai Buruh, Anthony Albanese Dilantik Jadi PM AustraliaRibuan orang Australia berkumpul di jalan menggelar protes besar-besaran di beberapa wilayah di Australia pada hari Sabtu, 24 Juli 2021, waktu setempat. (Twitter.com/alxndrwbb)

Albanese dibesarkan di perumahan rakyat oleh ibunya seorang diri yang mengandalkan pensiun disabilitas. Dia menjadi pemimpin Partai Buruh sejak 2019. Ini adalah pemerintahan Partai Buruh pertama di Australia dalam hampir satu dekade.

Partai tersebut telah memenangkan 72 kursi majelis rendah dalam pemilu kali ini, tetapi penghitungan akan menentukan apakah mereka bisa mendapatkan 76 kursi yang dibutuhkan untuk membentuk mayoritas.

Tapi suara utama untuk kedua partai besar Australia merosot. Hampir sepertiga warga Australia menjadikan Partai Hijau, independen, dan partai kecil lainnya sebagai pilihan pertama mereka.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya