Lebih Banyak Migran Anak Datang di Perbatasan AS-Meksiko

Anak-anak tanpa pendamping masuk ke bui selama berhari-hari

Washington D.C., IDN Times - Seorang pejabat tinggi dari Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada pekan ini mengungkapkan, bahwa sejak 2 dekade terakhir jumlah migran yang datang di perbatasan AS-Meksiko berada di kenaikan paling tingginya, termasuk anak-anak yang tanpa pendamping.

Dilansir dari kantor berita Reuters, pemerintahan Biden sudah berusaha penuh guna menampung kian bertambahnya anak-anak yang tiba tanpa kedua orang tuanya, yang telah menyebabkan mereka masuk ke bui, fasilitas perbatasan, sampai berhari-hari. Partai Republik menyalahkan Biden lantaran melapangkan kebijakan imigrasi, selagi beberapa dari Partai Demokrat tengah khawatir soal keadaan di fasilitas itu, serta mengapa anak-anak malah ditahan begitu lama.

1. U.S. Customs and Border Protection: Kira-kira dua pertiga dari migran anak tanpa pendamping berasal dari Guetamala, El Savador, serta Honduras

Biden yang merupakan presiden AS dari Partai Demokrat sejak 20 Januari lalu, menyanggupi untuk 'membalikkan' banyak kebijakan di perbatasan dari presiden sebelumnya, Donald Trump dari Partai Republik. Namun, tak lebih dari dua bulan sesudah masa kepresidenannya, dia menjumpai krisis kemanusiaan dan politik yang timbul.

Menurut U.S. Customs and Border Protection atau Badan Perlindungan Budaya dan Perbatasan Amerika Serikat (CBP), kira-kira dua pertiga dari migran anak tanpa pendamping yang telah ditahan di perbatasan mulai dari 1 Oktober 2020 lalu, berasal dari Guatemala, El Salvador, serta Honduras. Sisanya yaitu anak-anak dari negara Meksiko, sebagaimana dikutip dari majalah U.S News & World Report pada Kamis, (18/3/2021).

2. Kurang lebih 9.200 anak tanpa pendamping berada dalam tahanan kantor pengungsi U.S. Department of Health and Human Services

Lebih Banyak Migran Anak Datang di Perbatasan AS-MeksikoIlustrasi Penjara (IDN Times/Mardya Shakti)

CBP juga menyebut, mayoritas yang ditahan itu anak-anak muda, bahkan ratusan lainnya masih berumur di bawah 12 tahun. Menurut mereka, sebagian besar dari anak-anak itu telah menyebrang via Lembah Rio Grande, Texas. 

Sampai hari Selasa, 16 Maret 2021, bahwa kurang lebih 9.200 anak tanpa pendamping berada dalam tahanan kantor pengungsi U.S. Department of Health and Human Services atau Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS (HHS), yang mengurus sistem penampungan pemerintah negara itu untuk anak-anak. Angka tersebut merupakan total tertinggi sejak tahun 2019.

Baca Juga: Kongres Meksiko Sahkan RUU Legalisasi Ganja

3. Menurut pakar imigrasi, banyak anak tanpa pendamping yang tiba ke AS guna rujuk kembali dengan anggota keluarganya, atau kabur dari kekerasan serta kemiskinan di negara asalnya

Lebih Banyak Migran Anak Datang di Perbatasan AS-MeksikoIlustrasi Perlindungan Anak (IDN Times/Sukma Shakti)

Menurut pakar imigrasi, banyak anak tanpa pendamping yang tiba ke Amerika Serikat guna rujuk kembali dengan anggota keluarganya, atau kabur dari kekerasan serta kemiskinan di negara asalnya.

Di sisi lain, pejabat Biden dan advokat migran mengakui bahwa kenaikan imigran sekarang itu sebagian disebabkan oleh perubahan kebijakan pada akhir-akhir ini, yang kini memungkinkan anak-anak tanpa pendamping dapat masuk ke AS.

Farid Nurhakim Photo Writer Farid Nurhakim

Reporter

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya