WNI di Kenya Siap Mencoblos Sabtu Besok

TPS ada di halaman KBRI Nairobi, Kenya

Jakarta, IDN Times - Ketua Panita Pemilu Luar Negeri (PPLN) Nairobi Maya Muhdar mengungkapkan para Warga Negara Indonesia (WNI) di Kenya bakal mencoblos pada 10 Februari untuk pemilihan umum 2024.

“Bertempat di halaman KBRI Nairobi di Kenya, para WNI yang bisa datang ke TPS 001 di sini untuk menggunakan hak suaranya. Undangan juga sudah kami kirim secara personal kepada para WNI,” kata Maya, dalam 30 Minutes Around the World Kementerian Luar Negeri RI, Kamis (8/2/2023).

“Total sesuai DPT ada 83 orang. Jadi PPLN Nairobi juga merangkap Somalia, Kongo dan Uganda,” ucap Maya lagi.

1. Ada WNI yang sudah mencoblos via KSK

WNI di Kenya Siap Mencoblos Sabtu Besokilustrasi surat suara (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Sementara itu, karena jarak yang cukup jauh dengan Nairobi, beberapa WNI sudah mencoblos terlebih dahulu pada 4 Februari lalu menggunakan Kotak Suara Keliling (KSK).

“Ada metode KSK di mana WNI pada 4 Februari sudah mencoblos dulu via KSK yaitu di Mombasa, Kenya dan Kampala, Uganda. Pelaksaannya lancar dan sukses. Saya sendiri memonitor KSK di Uganda,” tutur Maya.

Baca Juga: Pemimpin Aliran Sesat Kenya Didakwa Bunuh 191 Anak

2. Ada WNI yang mengirimkan surat suara via pos

WNI di Kenya Siap Mencoblos Sabtu Besokpemandangan Taman Nasional Nairobi dengan latar belakang gedung-gedung (Instagram.com/ Aditya_aji)

Selain metode datang ke TPS dan KSK, WNI juga bisa menggunakan hak suaranya melalui metode pos.

Maya mengungkapkan, surat suara bagi WNI yang mencoblos melalui pos sudah dikirimkan pada 2-11 Januari 2024 lalu dan saat ini PPLN Nairobi sudah menerima beberapa surat suara yang dikirim balik.

“Ada beberapa wilayah yang menggunakan metode pos yaitu Somalia dan Kongo juga sudah,” tuturnya.

3. Penghitungan suara tetap pada 14 Februari 2024

WNI di Kenya Siap Mencoblos Sabtu BesokTiga capres yang berlaga di pemilu 2024. (IDN Times/Aditya Pratama)

Sesuai dengan peraturan KPU, penghitungan suara pemilu luar negeri tetap akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024, meskipun sudah mencoblos terlebih dahulu.

“Seperti KSK sudah selesai 4 Februari dan pos juga sudah kita terima beberapa, tapi tetap penghitungan suara pada 14 Februari menunggu Indonesia selesai, baru kita hitung serempak,” ungkap dia.

Baca Juga: Surat Suara di Malaysia Tercoblos, Bawaslu Akui Sulit Awasi Distribusi

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya