Anies Buka Peluang Bertemu Prabowo Usai Putusan MK

Anies anggap Prabowo sebagai lawan, bukan musuh

Jakarta, IDN Times - Capres nomor urut satu, Anies Baswedan menyatakan, siap untuk bertemu capres pemenang pemilu 2024 Prabowo Subianto usai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Menurut Anies, kontestasi Pilpres 2024 telah usai, sehingga proses bertukar pikiran sebagai sesama anak bangsa bukan menjadi sesuatu yang aneh, yang harus dihindari.

Hal tersebut disampaikan Anies usai bertemu Presiden PKS, Ahmad Syaikhu di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Selasa (23/4/2024).

"Itu semua sesuatu yang normal-normal saja terjadi. Jadi, apabila datang waktunya (untuk bertemu) tidak pernah sedikitpun ada bayangan bahwa ini adalah sebuah kontestasi yang tidak ada ujungnya, (ini) ada ujungnya. Kemarin putusan MK kita hormati, itu adalah ujungnya," kata dia.

Anies mengaku tidak pernah menganggap Prabowo sebagai seorang musuh, tapi sebagai lawan politik pada Pilpres 2024.

"Kami membedakan antara lawan dengan musuh. Kalau musuh saling menghabisi, kalau lawan saling menguatkan," ucapnya.

Anies menganggap lawan politik adalah seorang kawan dalam berdemokrasi. Karena itu, usai adanya putusan MK, dia memberikan ucapan selamat untuk Prabowo.

"Ketika kami menyampaikan pesan-pesan pasca pengumuman putusan MK, kami pesankan mari kita sama-sama jaga demokrasi ini. Dan kami ingin agar ada transisi kekuasaan yang berjalan dengan baik," kata dia.

Baca Juga: Presiden PKS: Selamat Bertugas Bapak Prabowo-Gibran

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya