Anies Sentil Prabowo soal Alutsista: Utang Jangan Beli Bekas

Anies menilai kebijakan Kemenhan tidak tepat

Jakarta, IDN Times - Capres Nomor Urut 01 Anies Baswedan mengingatkan supaya utang luar negeri Indonesia digunakan untuk kegiatan ekonomi yang bersifat produktif. Bagi Anies, apa yang dilakukan Prabowo Subianto selama memimpin Kementerian Pertahanan, merupakan hal yang tak produktif

Kebijakan Prabowo membeli alutsista bekas, menurut Anies, tidak tepat. Sebab, pembelian alutsista bekas malah menggunakan utang.

"Jangan utang itu digunakan untuk kegiatan yang nonproduktif, misalnya dipakai untuk membeli alutsista bekas oleh Kementerian Pertahanan," kata Anies dalam Debat Capres di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024).

Anies meminta supaya pemerintah menggunakan skema-skema yang lebih kreatif lagi untuk memperoleh skema pembiayaan sehingga tak mengandalkan utang luar negeri. Salah satu yang ditawarkan Anies adalah pemerintah bisa saja melibatkan pihak swasta.

"Yang tidak kalah penting adalah melakukan pengembangan skema-skema yang lebih kreatif dalam mencari utang luar negeri termasuk libatkan swasta," kata dia.

Baca Juga: Prabowo Sindir Anies: Kalau Ngomong, Ngomong, Ya Kumaha

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya