Pendiri Tegaskan Dukung Airlangga Maju Ketum Golkar pada Munas 2024

Airlangga dinilai berhasil pimpin Golkar

Jakarta, IDN Times - Partai Golkar akan kembali menggelar Musyarawah Nasional (Munas) untuk memilih ketua umum. Sebanyak empat nama masuk ke dalam bursa calon ketua umum, salah satunya Airlangga Hartarto.

Ketua Umum Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) Adies Kadir menegaskan pihaknya mendukung Airlangga untuk kembali maju sebagai Ketua Umum Partai Golkar pada Munas 2024. MKGR merupakan salah satu organisasi pendiri Partai Golkar.

Adies menilai Airlangga memiliki andil yang cukup besar dalam pemenangan Prabowo-Gibran pada Pemilu 2024. Selain itu, Airlangga juga dinilai telah berhasil membawa Golkar mendapatkan kursi yang signifikan pada Pemilu 2024.

"Hampir seluruh ketua dan anggota dewan pakar MKGR mengapresiasi kinerja Ketum Golkar pak Airlangga Hartarto yang telah berhasil menaikkan peroleh suara partai Golkar secara nasional dan kursi di DPR RI secara signifikan," kata Adies Kadir dalam konferensi pers di bilangan Jakarta Pusat, Minggu (17/3/2024)

"Mereka menyampaikan keinginan keinginan bahwa keinginan dewan pakar melanjutkan kembali kepemimpinan dari pak Airlangga," imbuhnya.

1. Pada pendiri segera temui Airlangga

Pendiri Tegaskan Dukung Airlangga Maju Ketum Golkar pada Munas 2024Ketua Umum MKGR Adies Kadir sebut para pendiri mendorong Airlangga Hartarto maju Ketua Umum Partai Golkar. (IDN Times/Amir Faisol)

Dalam waktu dekat, pihaknya akan menjadwalkan untuk bertemu Airlangga untuk menanyakan kesediaannya maju sebagai ketua umum Golkar pada Musyawarah Nasional (Munas) yang bakal digelar pada Desember 2024.

Selanjutnya, seluruh aspirasi itu akan diputuskan dalam rakernas Majelis Permusyawaratan Organisasi yang akan dilakukan pada Juli 2024.

"Kami akan melakukan Rakernas Majelis Permusyawaratan Organisasi," ujarnya.

Baca Juga: Luhut di Hadapan Petinggi Golkar: Jangan Mau Diatur Orang Lain!

2. Organisasi MKGR tegak lurus bersama Airlangga

Pendiri Tegaskan Dukung Airlangga Maju Ketum Golkar pada Munas 2024Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto (IDN Times/Amir Faisol)

Pada kesempatan itu, Ketua Dewan Pakar MKGR Azwar Dainy menegaskan pihaknya tetap berada dibarisan Airlangga. Pihaknya tegak lurus untuk terus mendukung Airlangga maju kembali pada Munas Golkar 2024 mendatang.

Karena itu, MKGR berharap Airlangga menerima kesediaan dukungan yang diberikan oleh seluruh anggota MKGR.

Dia juga mengapresiasi, bahwa strategi yang diterapkan Airlangga selama menahkodai Golkar sudah sangat tepat. Hasilnya, perolehan kursi Golkar pada pemilu 2024 naik secara signifikan.

"Terbukti dengan kemenangan Prabowo-Gibran dan kenaikan kursi DPR RI dari 85 jadi 102 tidak lepas dari peran Pak Airlangga dan jajaran termasuk MKGR," tutur dia.

"Kami berharap Pak Airlangga, permintaan kami, seluruh warga Golkar, khususnya adalah MKGR, meminta beliau utk memimpin Golkar yg kedua kali. InsyaAllah beliau nanti berkenan, kita harapkan," kata dia.

Baca Juga: Isu Golkar Incar Kursi Ketua DPR, Airlangga: Tak Ada Skenario Merebut 

3. Empat nama masuk bursa caketum Golkar

Pendiri Tegaskan Dukung Airlangga Maju Ketum Golkar pada Munas 2024Ketua MPR RI Bambang Soesatyo tegaskan bakal bersaing dalam perebutan kursi Ketua Umum Partai Golkar. (IDN Times/Amir Faisol)

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyatakan siap mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Partai Golkar pada Munas 2024. Empat kader Partai Golkar akan bersaing merebut kursi ketua umum pada Munas Partai Golkar 2024 nanti.

Adapun keempat kader tersebut adalah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto selaku petahanan, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Politikus Senior Partai Golkar sekaligus Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Wakil Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

"Setidak-tidaknya sudah empat santer suara yang muncul di permukaan, yang akan bertarung di forum Munas tahun ini. Ada Pak Airlangga sendiri, ada Pak Agus Gumiwang, ada Pak Bahlil, ada saya," kata dia.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya