Tahu 4 Basic Financial Ini? Fix Kamu Makin Memesona!

Bikin bahagia dan kaya raya

Cerdas secara finansial tak hanya membutuhkan banyak perencanaan dan disiplin, tetapi penting untuk menjalani kehidupan yang baik. Makanya, gak banyak yang paham akan pentingnya pengelolaan finansial yang baik.

Itu mengapa orang yang pintar atur keuangan itu punya pesona tersendiri. Apalagi kalau tahu empat dasar finansial ini, fix kamu makin memesona!

1. Rutin bikin catatan keuangan

Tahu 4 Basic Financial Ini? Fix Kamu Makin Memesona!Ilustrasi catatan keuangan (Shutterstock/Patricia Soon)

Banyak orang malas membuat catatan dan perencanaan keuangan bulanan karena ribet dan menyusahkan. Padahal budgeting memiliki fungsi yang vital dalam menjaga keuangan tetap stabil.

Sebagai orang yang cerdas finansial, tentunya kamu punya catatan keuangan yang rutin dibuat entah itu secara mingguan atau bulanan. Dengan begitu, kamu bisa membagi pos-pos pengeluaran sesuai dengan kebutuhanmu.

Baca Juga: 4 Kesalahan Finansial Ini Sering Dilakukan Gen Z, Kamu Termasuk?

2. Selalu siapkan dana darurat

Tahu 4 Basic Financial Ini? Fix Kamu Makin Memesona!Ilustrasi dana darurat (Shutterstock/Vitalii Vodolazskyi)

Sebagian besar orang yang cerdas finansial punya dana darurat yang terpisah dari tabungan mereka. Nah, tabungan dana darurat ini paling tidak terdiri dari enam bulan penghasilan kamu.

Tujuan dari dana darurat ini sebenarnya sebagai uang cadangan saat kamu membutuhkan sesuatu yang sifatnya tak terduga. Misalnya untuk biaya pengobatan atau saat kita terdampak layoff.

3. Jangan lupa menabung dan berinvestasi

Tahu 4 Basic Financial Ini? Fix Kamu Makin Memesona!Ilustrasi menabung. (Pexels.com/iHumnoi)

Selain menyisihkan uang untuk kebutuhan pribadi dan dana darurat, orang yang cerdas kelola finansial juga pandai menyisihkan penghasilannya untuk menabung dan berinvestasi. 

Tak hanya dalam bentuk saham, kamu juga bisa berinvestasi dalam bentuk emas atau properti yang harganya dapat meningkat sewaktu-waktu. Hal ini bisa menjadi peluang untukmu di masa depan.

4. Sebisa mungkin hindari hutang

Tahu 4 Basic Financial Ini? Fix Kamu Makin Memesona!Ilustrasi seorang pria menghindari hutang (Shutterstock/Constantin Stanciu)

Yang satu ini memang sulit dihindari, namun orang yang paham akan paham untuk mengelola finansial sebisa mungkin untuk menghindari hutang. Sebelum membeli suatu barang, mereka akan memikirkan antara kebutuhan dan keinginan.

Saat barang tersebut tidak menjadi kebutuhan, mereka akan menabung terlebih dahulu untuk membelinya di lain waktu.

Nah itu tadi empat hal yang biasanya dilakukan orang-orang cerdas dalam mengelola finansial mereka agar teratur dan tidak habis untuk hal-hal yang kurang penting. Semoga bermanfaat! (WEB)

Baca Juga: 6 Manfaat Mandiri Finansial bagi Perempuan, Hidup Leluasa!

Topik:

  • Bima Anditya Prakasa

Berita Terkini Lainnya