Comscore Tracker

Alibaba Cloud Sabet Sertifikasi Penyedia Cloud Publik Pertama di Dunia

Sertifikasi ini diberikan oleh Trusted Partner Network

Jakarta, IDN Times – Tulang punggung intelijen data Alibaba Group, Alibaba Cloud, baru saja mengumumkan pencapaiannya sebagai penyedia cloud publik pertama di dunia yang memperoleh sertifikasi bergengsi Trusted Partner Network (TPN), Selasa (21/1).

Alibaba Cloud dinilai berhasil mendukung revolusi industri hiburan yang dinamis dengan menawarkan platform berbasis cloud dengan tingkat keamanan, keandalan dan skalabilitas yang tinggi.

“Sertifikasi Trusted Partner Network tidak hanya merupakan pengakuan atas berbagai upaya Alibaba Cloud dalam menghadirkan tingkat keamanan yang berstandar tinggi, sertifikasi ini juga mengakui keandalan, fleksibilitas dan skalabilitas platform berbasis cloud kami,” kata Yuanbin Zheng, Head of Security Compliance and Privacy di Alibaba Cloud Intelligence.

1. TPN bertujuan membantu pelaku usaha memastikan keamanan konten mereka

Alibaba Cloud Sabet Sertifikasi Penyedia Cloud Publik Pertama di DuniaPixabay

TPN merupakan joint venture antara dua asosiasi industri hiburan terbesar, yakni Motion Picture Association of America (MPAA) dan Content Delivery & Security Association (CDSA). Lembaga ini memiliki tujuan untuk membantu pelaku usaha dalam memastikan keamanan konten, mencegah kebocoran informasi, pelanggaran, dan peretasan film maupun acara TV sebelum dirilis.

Dengan adanya sertifikasi ini para produser konten dapat memastikan bahwa setiap pelaku industri hiburan telah melaksanakan praktik industri terbaik, yang mana solusi, fasilitas, sumber daya manusia, dan cara kerjanya telah disertifikasi oleh para evaluator industri yang berpengalaman.

Baca Juga: Dalam Sehari, Alibaba Raup Total Penjualan Rp540 Triliun dari 11.11

2. Alibaba Cloud telah melewati serangkaian tes

Alibaba Cloud Sabet Sertifikasi Penyedia Cloud Publik Pertama di Duniawebmagspace.com

Untuk mendapatkan penghargaan bergengsi ini tentu bukan hal yang mudah. Alibaba Cloud telah melewati proses audit dan evaluasi yang sangat ketat. Sejumlah solusi yang ditawarkan Alibaba untuk industri hiburan telah diujikan dan dinyatakan lulus uji TPN, di antaranya adalah Object Storage Service (OSS), Express Connect, Cloud Storage Gateway, dan Key Management Service.

“Sebagaimana tren produksi media telah kian bergeser pada penggunaan platform cloud publik, penting bagi vendor-vendor seperti Alibaba Cloud untuk memprakarsai inovasi yang akan mendorong kemajuan industri hiburan di era digital,” kata Drew Branch, Senior Security Consultant di Independent Security Evaluators.

3. Alibaba Cloud telah bekerja sama dengan beberapa rumah produksi

Alibaba Cloud Sabet Sertifikasi Penyedia Cloud Publik Pertama di Duniabusinessapac.com

Saat ini, sudah ada beberapa rumah produksi yang telah menggunakan jasa Alibaba Cloud untuk memenuhi kebutuhan mereka, di antaranya Animal Logic dan Territory Studio.

Melalui pemanfaatan teknologi komputasi cloud, rumah-rumah produksi ini dinilai dapat menggiring tren baru untuk produksi media yang lebih efisien, mulai dari mempercepat pengambilan keputusan, serta kemudahan kolaborasi antara seniman dan tim pengembang yang berlokasi jauh satu sama lain.

Baca Juga: Dorong Literasi, Alibaba Ajak Masyarakat 3 Jam untuk Filantropi

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya