Gegara Video Viral Dokter Kevin, Ibu Hamil Ini Beralih ke Bidan

Konten TikTok dokter Kevin dianggap lecehkan ibu hamil

Jakarta, IDN Times - Vivi Setyoningrum seketika mengelus perutnya yang tengah mengandung calon anak pertama saat melihat video TikTok seorang dokter Kevin Samuel Marpaung yang tengah jadi sorotan.

"Ih, wajahnya mesum gitu ya. Saya rasa kurang pantas, meskipun itu hanya konten. Sebaiknya buat konten lain lebih ke edukasi aja. Duh saya jadi pikiran macam-macam karena dokter kandungan saya juga cowok nih," ungkap perempuan berusia 26 tahun ini pada IDN Times, Senin (19/4/2021) malam.

1. Vivi beralih memeriksakan kandungan ke bidan agar lebih tenang

Gegara Video Viral Dokter Kevin, Ibu Hamil Ini Beralih ke Bidanbidan.fk.ub.ac.id

Melihat video yang tengah viral dan ramai dikecam oleh warganet tersebut, Vivi menjadi takut memeriksakan kehamilan selanjutnya ke dokter kandungan laki-laki.

Apalagi, kandungannya saat ini akan mendekati Hari Perkiraan Lahir yang jatuh pada 28 Mei.

"Jadi mikir macam-macam lah, besok mau ganti ke bidan saja lah gak pakai BPJS gak apa-apa yang penting tenang," ucapnya.

Baca Juga: Fakta-fakta Video Viral Dokter Kevin yang Lecehkan Perempuan

2. Cukup tegur saja, tak perlu mencabut SIP dokter

Gegara Video Viral Dokter Kevin, Ibu Hamil Ini Beralih ke Bidandokter Kevin Samuel Marpaung buat konten pembukaan persalinan (TikTok/Kevin Samuel Marpaung)

Wanita asal Kendal, Jawa Tengah ini mengatakan video tersebut jelas melecehkan wanita yang tidak patut dilakukan seorang dokter. Meski demikian, Vivi tidak setuju jika izin praktik dokter sampai dicabut hanya karena konten.

"Terlalu kejam sih jika sampai izin dicabut, sebaiknya ditegur saja untuk efek jera," katanya.

3. Dokter kandungan sebaiknya profesional

Gegara Video Viral Dokter Kevin, Ibu Hamil Ini Beralih ke Bidanilustrasi ibu hamil (IDN Times/Arief Rahmat)

Melihat aksi dokter Kevin, Vivi ingat cerita temannya yang mempunyai pengalaman tidak mengenakan saat memeriksakan kandungan. Vivi menilai yang dilakukan dokter pria tersebut berlebihan dan melecehkan.

"Teman saya tiap periksa, jari dokter itu masuk organ intim kan aneh, padahal biasanya kalau dokter cukup lewat USG saja bahkan selama 7 bulan saya hamil, dokter saya tidak pernah menyentuh lho," katanya.

Vivi berharap dokter kandungan baik pria juga wanita bisa profesional jalankan tugasnya agar pasien merasa nyaman.

4. Konten dokter Kevin viral di media sosial

Gegara Video Viral Dokter Kevin, Ibu Hamil Ini Beralih ke BidanIlustrasi Sensor Konten (IDN Times/Mardya Shakti)

Diketahui seorang dokter kandungan, Kevin Samuel Marpaung ramai dikecam oleh warganet karena video TikTok yang diunggah melalui akun pribadinya @dr.kepinsamuelmpg. Warganet menganggap konten video tersebut melecehkan kaum perempuan, khususnya ibu hamil.

Dalam video tersebut, ia menunjukkan respons melalui gerakan tangan dan raut muka ketika ada pasien ibu hamil yang hendak memeriksa kandungannya. Video berdurasi 15 detik itu diunggah pada Sabtu (17/4/2021) di TikTok dan dengan cepat menyebar ke media sosial lain seperti Instagram dan Twitter.

Setelah video TikToknya viral dan dikecam warganet, dokter Kevin membuat video permintaan maaf yang ditujukan kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya kaum perempuan. Pada video berdurasi 42 detik itu, ia juga mengatakan ke depannya akan fokus membuat konten-konten edukasi.

"Saya dr. Kevin ingin meminta maaf sebesar-besarnya atas video konten saya mengenai pembukaan, yang di mana video tersebut saya tidak berhati-hati dalam memilih soundtrack dan memasang ekspresi wajah yang terkesan melecehkan" ujarnya dalam video tersebut.

Baca Juga: Heboh Dokter Kevin di TikTok, Ini Konten Viral Kedokteran Lainnya

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya