Jusuf Kalla: Pak Jokowi Bukan Keluarga PDI Perjuangan Lagi

Jokowi tidak diundang dalam Rakernas PDI Perjuangan

Intinya Sih...

  • Jokowi tidak diundang dalam Rakernas V PDIP Perjuangan karena bukan lagi bagian dari partai tersebut menurut JK.
  • Alasan tidak diundangnya Jokowi adalah karena kesibukan, menurut Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat.
  • Rakernas V PDIP akan membahas sikap partai terhadap pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, program kerakyatan, dan persiapan Pilkada Serentak 2024.

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla (JK) mengatakan, Presiden Joko "Jokowi" Widodo bukan lagi bagian dari PDI Perjuangan. Karena itu, kata JK, wajar jika Jokowi tidak diundang pada Rakernas V PDIP, yang digelar di Ancol, Jakarta Utara, mulai dari 24-26 Mei 2024.

JK mengatakan, rakernas merupakan acara internal PDI Perjuangan, sementara Jokowi bukan keluarga partai berlambang kepala banteng moncong putih itu.

"Ya itu kan yang diundang tergantung yang mengundang, kalau yang mengundang internal kan, rakernas itu internal. Dan Pak Jokowi bukan lagi keluarga PDIP, kan bukan PDIP lagi," ujar JK di kediamannya Jalan Brawijaya Raya No.6, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (23/5/2024).

Baca Juga: JK: Orang yang Langgar UUD Lebih Toxic, Tak Boleh Masuk Kabinet

1. Jokowi disebut sering menyibukan diri

Jusuf Kalla: Pak Jokowi Bukan Keluarga PDI Perjuangan LagiSekjen PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto ketika menyerahkan Amicus Curiae Megawati Soekarnoputri pada 16 April 2024. (IDN Times/Santi Dewi)

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat mengungkapkan alasan partainya tidak mengundang Presiden Jokowi pada Rakernas V, karena sering menyibukan diri. Diketahui, Rakernas V PDIP rencananya akan digelar di Ancol, Jakarta Utara, 24-26 Mei 2024.

“Yang jelas, Presiden dan Wakil Presiden tidak diundang. Kenapa? Karena Beliau sangat sibuk dan menyibukkan diri,” kata Djarot di kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Kamis 16 Mei 2024.

2. Sejumlah hal strategis akan dibahas dalam rakernas

Jusuf Kalla: Pak Jokowi Bukan Keluarga PDI Perjuangan LagiKapten Tim Nasional Anies-Muhaimin Sudirman Said (kanan) bersama Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (kiri) memberikan paparan saat diskusi bedah buku NU, PNI, dan Kekerasan Pemilu 1971 di Jakarta, Selasa (2/4/2024). (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Ketua Steering Commitee Rakernas V PDIP itu mengatakan, sejumlah hal strategis akan dibahas dalam rakernas kali ini. Dia mengatakan, tiga pilar partai akan bersama-sama membahas dan menganalisis berbagai hal yang menyangkut tentang demokrasi dan dinamika politik nasional.

"Inilah posisi PDIP menyatu dengan kekuatan rakyat untuk selalu berjuang mewujudkan kebenaran yang hakiki," kata Djarot.

3. Rakernas akan bahas sikap PDI Perjuangan

Jusuf Kalla: Pak Jokowi Bukan Keluarga PDI Perjuangan LagiInin Nastain IDN Times/ Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Djarot menjelaskan, Rakernas V PDIP akan membahas tiga isu strategis yang akan dibagi ke dalam beberapa klaster. Pertama, rakernas akan membahas sikap dan posisi partai terhadap pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Kedua, rakernas akan membahas berbagai program kerakyatan, dan praktiknya yang harus diwujudkan, termasuk terkait masalah pangan.

Klaster ketiga, rakernas akan membahas persiapan untuk menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 pada November mendatang.

“Pertama akan ada kelompok yang akan membahas tentang sikap dan posisi PDIP,” ujar Djarot.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya