Kemendagri Latih Kualitas 13 Ribu Kepala Desa Sampai RT di 33 Provinsi

Pelatihan aparatur pemerintah desa agar tak langgar aturan

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 13.498 aparatur pemerintahan desa mulai kepala desa, perangkat desa, ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), sampai pengurus PKK dan RT dari 33 provinsi mengikuti pelatihan yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendagri Tomsi Tohir Balaw mengatakan pelatihan yang diadakan Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) ini dapat meningkatkan kemampuan aparatur pemerintah desa dan pengurus kelembagaan desa.

“Melalui pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa dan pengurus kelembagaan desa dapat memanfaatkan kesempatan untuk memperoleh pengetahuan dan skil, yang akan menunjang dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya mewujudkan desa yang maju, mandiri, dan sejahtera,” ujar Tomsi dalam keterangannya, Jumat (22/9/2023).

 

1. Tingkatkan kualitas aparatur penyelenggaran pemerintah

Kemendagri Latih Kualitas 13 Ribu Kepala Desa Sampai RT di 33 ProvinsiBelasan pemuda-pemudi karang taruna di di Kampung Cibiru Beet, Desa Cileunyi Wetan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat membuka sekolah tatap muka secara gratis di tengah kesulitan akses ponsel pintar dan internet. IDN Times/Debbie Sutrisno

Tomsi berharap pelatihan ini bisa meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat, serta memiliki pemahaman manajemen leadership dan entrepreneurship.

“Selain itu, melalui pelatihan peningkatan kapasitas aparatur desa dapat meningkatkan kualitas perencanaan dan pengelolaan serta mempercepat serapan APBDes (termasuk dana desa) dengan prioritas kegiatan yang mendorong percepatan pembangunan desa, pertumbuhan dan ketahanan ekonomi masyarakat desa," katanya.

 

Baca Juga: Kapuspen Kemendagri Benni Irwan Dilantik Jadi Pj Bupati Purwakarta

2. Pelatihan aparatur pemerintah desa agar tak langgar aturan

Kemendagri Latih Kualitas 13 Ribu Kepala Desa Sampai RT di 33 ProvinsiPeringatan 9 tahun UU Desa di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (19/3/2023) (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dia menegaskan pelatihan ini bisa meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah desa dalam penyelenggaraan pemerintahan desa yang responsif, regulatif, distributif dan kolaboratif serta senantiasa untuk tidak melanggar larangan.

"Penting bagi kita semua untuk berkomitmen meningkatkan pembangunan desa yang berkelanjutan, bukan saja dari segi pembangunan infrastruktur tapi juga dari segi pembangunan kualitas sumber daya di desa, karena pada dasarnya dengan SDM yang unggul dapat mengelola keterbatasan SDA untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan peningkatan roda perekonomian di desa,” tambah Tomsi.

 

3. Pelatihan digelar 33 provinsi

Kemendagri Latih Kualitas 13 Ribu Kepala Desa Sampai RT di 33 ProvinsiIlustrasi kepala desa (kades) (IDN Times Ervan)

Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Eko Prasetyanto Purnomo Putro mengatakan kegiatan pelatihan dilaksanakan selama 8 minggu di 33 provinsi, mulai minggu ke III bulan September sampai dengan minggu ke II bulan November 2023.

“Dalam hal ini, untuk minggu ini kegiatan pelatihan dilaksanakan sejak 20 September 2023, dan akan berakhir pada Sabtu, 23 September 2023, tempat pelaksanaan kegiatan pelatihan di di 33 provinsi, bertempat di hotel yang telah ditunjuk, dan pada angkatan pertama ini untuk Jawa Barat dilaksanakan di éL Hotel Royale Bandung,” terang Eko.

Baca Juga: Evaluasi Kinerja Heru Budi 10 Bulan, Kemendagri Cecar 22 Pertanyaan 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya