Anies Kembali Singgung soal Lahan Milik Prabowo dari Data Jokowi

Jokowi pernah ungkap Prabowo punya lahan 340 ribu hektare

Jakarta, IDN Times - Capres nomor urut satu Anies Baswedan kembali menanggapi kontroversi lahan milik capres nomor urut dua Prabowo Subianto, yang sempat disinggung Anies pada saat debat capres putaran ketiga pada Minggu, 7 Januari 2024.  

Anies menjelaskan materi yang ia ungkapkan dalam debat capres-cawapres ketiga itu mengutip pernyataan Joko "Jokowi" Widodo pada saat debat Pemilu 2019. kala itu, Jokowi yang bertarung pada Pilpres 2019 mengungkapkan 340 ribu hektare lahan yang dimiliki Prabowo.

"Memang saya menggunakan data yang disampaikan oleh Pak Presiden Jokowi, dan data itu ada rujukannya," ujar Anies di Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis (11/1/2024).

Baca Juga: Anies Kritik Alutsista Bekas, Prabowo: Ndoro, Aku Ini Prajurit!

1. Prabowo sempat emosi hingga keluarkan umpatan

Anies Kembali Singgung soal Lahan Milik Prabowo dari Data JokowiCalon presiden (capres) nomor urut dua, Prabowo Subianto di Lampung (IDN Times/Yosafat Diva Bayu)

Diketahui, Prabowo tampak emosi pasca-debat. Salah satunya ditunjukkan ketika ia berkampanye di Riau. Bahkan, Menteri Pertahanan itu mengeluarkan umpatan di depan pendukungnya.

"Saudara-saudara, ada pula yang nyinggung-nyinggung punya tanah berapa, punya tanah ini," kata Prabowo pada Selasa, 9 Januari 2024.

"Dia pintar atau goblok sih? Dia ngerti igak ada HGU (Hak Guna Usaha), Hak Guna Bangunan (HGB), hak pakai. Itu tanah negara saudara, tanah rakyat, tanah bangsa," imbuhnya.

Mantan Danjen Kopassus itu menjelaskan, sebenarnya sebelum menjadi Menteri Pertahanan, ia sudah punya sekitar 500 ribu hektare lahan HGU. Lalu, dia mengklaim sejumlah lahan sudah diserahkan ke negara untuk menyukseskan food estate.

Menurut Prabowo, pernyataan yang disampaikan Anies tak lain hanya untuk menghasut agar rakyat benci pada dirinya.

"Padahal, Pak Jokowi ada, saya 2,5 tahun lalu sudah serahkan tanah itu ke negara. Saya sampaikan ke bapak presiden. 'Bapak presiden, kalau lahan ini dibutuhkan untuk lumbung pangan bangsa Indonesia pakai, pakai lahan HGU saya, saya siap," ujarnya.

2. Jusuf Kalla ungkap asal usul lahan Prabowo

Anies Kembali Singgung soal Lahan Milik Prabowo dari Data JokowiKetua Umum Gerindra Prabowo Subianto mendatangi rumah Jusuf Kalla di Jakarta Selatan pada Selasa (2/5/2023). (dok. Tim Humas Jusuf Kalla)

Sementara, Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla turut menjelaskan asal usul lahan ratusan ribu hektare milik Prabowo. Dia mengatakan, ia didatangi Prabowo ketika baru sekitar 10 hari menjabat sebagai Wakil Presiden pada 2004.

Saat itu, kata JK, Prabowo menyampaikan kepadanya bahwa ia ingin melanjutkan bisnis dengan membeli PT Kiani Kertas di Kalimantan milik Bob Hasan yang macet di bank.

"Saya tanya, di bank mana macetnya? Dia bilang di (bank) Mandiri," ujar JK di kediamannya, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2024).

Kemudian, JK langsung menelepon Direktur Utama Bank Mandiri saat itu, Agus Martowardojo. Hal itu ia lakukan untuk mengecek apa yang disampaikan Prabowo. Kepada JK, Agus membenarkan masalah PT Kiani dan rencananya akan dijual kepada pengusaha Singapura, namun JK meminta dibatalkan.

"Saya bilang jangan jual ke (pengusaha) Singapura. Lebih baik dibeli oleh pengusaha nasional, jangan ke asing. Saya pegang selalu prinsip gitu," ujarnya.

Agus pun mengizinkan permintaan JK dengan syarat pembelian secara tunai senilai 150 juta dolar AS, tidak boleh restrukturisasi. JK menanyakan itu kepada Prabowo yang masih ada di hadapannya saat ia menelepon Agus.

"Jadi di depan saya masih ada Pak Prabowo. Saya sampaikan ini boleh, tapi cash 150 juta dolar. Mau gak? 'Mau," ujar JK.

"Saya bilang setelah ini Anda pergi ke (Bank) Mandiri ketemu Pak Agus. Ketemulah, deal. Saya dengar beberapa waktu kemudian, maka dia bayar dan itu kemudian jadi milik Pak Prabowo pabrik itu," lanjut dia.

Baca Juga: Dilaporkan Bawaslu soal Lahan Prabowo, Anies: Saya Pakai Data Jokowi

3. Anies dilaporkan ke Bawaslu

Anies Kembali Singgung soal Lahan Milik Prabowo dari Data JokowiAnies Baswedan dalam acara Debat Ketiga Capres yang diadakan oleh KPU di Istora Senayan pada Minggu (7/1/2024). (youtube.com/KPU RI)

Serangan Anies pada Prabowo berbuntut panjang. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu dilaporkan ke Badan Pengawasl Pemilu (Bawaslu RI) oleh Pendekar Hukum Pemilu Bersih (PHPB).

Mereka menganggap Anies telah melakukan serangan personal pada Prabowo. Jusuf Kalla menilai, Jokowi bisa jadi saksi karena pernyataan Anies mengutip kata-kata mantan Wali Kota Solo itu.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/yuo7XrXc124

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya