Kenaikan Suara PSI di Pileg 2024 Disorot, Grace: Jangan Giring Opini

Grace Natalie sebut partai lain juga seperti PSI

Jakarta, IDN Times - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tengah menjadi sorotan di media sosial, karena perolehan suara yang dianggap melonjak dalam beberapa waktu terakhir.

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie, menilai itu hal yang wajar.

“Penambahan, termasuk pengurangan suara selama proses rekapitulasi adalah hal wajar. Yang tidak wajar adalah apabila ada pihak-pihak yang mencoba menggiring opini dengan mempertanyakan hal tersebut,” kata Grace dalam keterangan tertulis, Sabtu (2/3/2024).

"Apalagi, hingga saat ini masih lebih dari 70 juta suara belum dihitung, dan sebagian besar berada di basis-basis pendukung Jokowi, di mana PSI mempunyai potensi dukungan yang kuat," imbuhnya.

Baca Juga: Timnas AMIN Harap Putusan MK soal Ambang Batas Bukan Bantuan untuk PSI

1. Grace Natalie sebut partai lain juga seperti PSI

Kenaikan Suara PSI di Pileg 2024 Disorot, Grace: Jangan Giring OpiniGrace Natalie, Ketua Wakil Dewan Pembina PSI (imstagram.com/gracenat)

Grace mengingatkan perbedaan antara hasil hitung cepat dengan rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga terjadi pada partai-partai lain. Ia mencontohkan yang juga memiliki perbedaan angka versi hitung cepat dan rekapitulasi KPU.

Menurut Grace, lembaga survei Indikator Politik Indonesia menyebut Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) hanya meraih 10,65 persen suara dalam versi hitung cepat, tapi meraih 11,56 persen suara dalam perolehan suara sementara. Sedangkan Partai Gelora hanya meraih 0,88 persen dalam versi hitung cepat, sedangkan hasil rekapitulasi sementara KPU Gelora sudah mendapatkan 1,44 persen.

“Kenapa yang disorot hanya PSI? Bukankan kenaikan dan juga penurunan terjadi di partai-partai lain? Dan itu wajar karena penghitungan suara masih berlangsung,” kata ujar mantan jurnalis itu.

2. Grace Natalie minta semua pihak berlaku adil

Kenaikan Suara PSI di Pileg 2024 Disorot, Grace: Jangan Giring OpiniWakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Grace Natalie (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Grace meminta semua pihak bersikap adil dan proporsional. PSI meminta semua pihak menunggu hasil akhir penghitungan KPU.

"Kita tunggu saja hasil perhitungan akhir KPU. Jangan menggiring opini yang menyesatkan publik,” ujar dia.

Baca Juga: Daftar Parpol Peroleh Kursi DPR RI Diprediksi Berkurang di Pemilu 2024

3. PSI sudah meraih 3,13 persen suara

Kenaikan Suara PSI di Pileg 2024 Disorot, Grace: Jangan Giring OpiniKetum PSI Kaesang Pangarep kampanye akbar di Lampung Selatan, Jumat (2/2/2024). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Hingga Sabtu (2/3/2024) pukul 19.00 WIB, PSI masih belum lolos ke DPR berdasarkan ambang batas parlemen 4 persen. Partai pimpinan putra Presiden Joko "Jokowi' Widodo Kaesang Pengarep itu baru meraih 3,13 persen suara nasional atau 2.402.639 suara.

Namun, jumlah tersebut masih akan berubah. Sebab, data masuk nasional hasil Pemilu 2024 di KPU baru 541.475 dari total 823.236 suara atau 65,77 persen.

Diketahui, PSI merupakan partai pendukung pasangan capres-cawapres nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pemilu 2024. Pasangan ini juga mendapat dukungan dari Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya