Kini ada Pengolahan Sampah Terpadu di Seminyak Bali

Ini bagus buat pariwisata

Denpasar, IDN Times - Learning Center dan Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu Reducu, Reuse, Recycle (TPST 3R) Desa Adat Seminyak, Kuta, Denpasar diresmikan Sabtu, (28/7).

Di Learning Center TPST 3R Desa Ada Seminyak ini nantinya akan mengolah sampah-sampah di wilayah seminyak baik organik maupun anorganik.

1. Kebersihan merupakan penunjang pariwisata

Kini ada Pengolahan Sampah Terpadu di Seminyak BaliIDN Times/Gregorius Aryo

Keberadaan Learning Center TPST 3R ini adalah hal yang penting bagi pariwisata Desa Adat Seminyak. Ketua TPST-3R Desa Adat Seminyak, I Komang Ruditha Hartawan, menjelaskan kalau adanya TPST 3R tersebut bisa menunjang pariwisata.

“Kebersihan itu hal yang penting karena bisa menunjang pariwisata. Kalau kotor kan gak ada wisatawan yang mau datang,” katanya selepas peresmian.

2. TPST-3R akan kelola sampah di Legian dan Seminyak

Kini ada Pengolahan Sampah Terpadu di Seminyak BaliIDN Times/Gregorius Aryo

Setiap harinya, TPST-3R akan mengangkut sampah rumah tangga dan penginapan di kawasan Seminyak dan penginapan yang punya hubungan di Legian. Sampah-sampah tersebut nantinya akan diambil menggunakan 16 armada pengangkut sampah.

3. Tidak mengambil keuntungan

Kini ada Pengolahan Sampah Terpadu di Seminyak BaliIDN Times/Gregorius Aryo

Nyoman menjelaskan hasil olahan sampah yang berasal dari penginapan nantinya akan dikembalikan dalam bentuk kompos. TPST-3R pun hanya akan memungut Rp1500 per Kg sebagai pengganti biaya operasional pengolahan sampah.

Baca Juga: Bupati Lampung Selatan Bantah Terima Uang Korupsi

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya