Sudirman Tegaskan Ada yang Salah Penyelenggaraan Pemilu 2024

Timnas AMIN masih siapkan bukti-bukti untuk gugat pemilu

Jakarta, IDN Times - Co Captain Timnas Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), Sudirman Said, menyebut banyak gejala yang menunjukkan ada yang salah dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Terlalu banyak tanda-tanda, gejala-gejala bahwa ada yang salah dari penyelenggaraan pemilu ini," ujar Sudirman, saat ditemui di Jakarta Selatan, Sabtu (2/3/2024).

Baca Juga: Sudirman Said: 2 Kubu Paslon Capres Punya Pandangan Jaga Demokrasi

1. Sudirman Said ungkap berbagai contoh

Sudirman Tegaskan Ada yang Salah Penyelenggaraan Pemilu 2024Sudirman Said (IDN Times/Aryodamar

Sudirman mengungkapkan berbagai contoh yang menunjukkan penyelenggaraan Pemilu 2024 tidak baik-baik saja. Salah satunya adalah konstitusi yang dilanggar.

"Begitu kontitusi dilanggar, undang-undang dilangar, etika dilanggar oleh orang yang paling tinggi kedudukannya di negara ini. Yang kejadian berikutnya hanya konsekuensi saja gitu," ujarnya.

2. Sudirman minta agar etika dan moral harus menjadi sumber teladan

Sudirman Tegaskan Ada yang Salah Penyelenggaraan Pemilu 2024Sudirman Said, Sandrayati Moniaga, dan Eros Djarot (IDN Times/Aryodamar)

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) itu meminta publik tak heran ketika aparat keaaman, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), hingga Mahkamah Konstitusi (MK) tidak netral dalam Pemilu 2024. Menurutnya hal itu hanya mengikuti yang terjadi saat ini.

"Karena itu kembali pada perjuangan adalah mengembalikan moral dan etika sebagai sumber teladan," ujar Sudirman.

Baca Juga: Timnas AMIN Harap Putusan MK soal Ambang Batas Bukan Bantuan untuk PSI

3. Timnas AMIN akan evaluasi kinerja KPU

Sudirman Tegaskan Ada yang Salah Penyelenggaraan Pemilu 2024Capres dan cawapres nomor satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak usai menggelar rapat bareng THN Timnas AMIN sikapi pemilu 2024. (IDN Times/Amir Faisol)

Timnas AMIN disebut akan memasukkan evaluasi kinerja KPU ke dalam sengketa Pemilu 2024. Menurut Sudirman Said, tim hukum AMIN sedang menyiapkannya.

"Ada tim hukum yang sedang menyiapkan itu," ujarnya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya