William PSI Bongkar Cara Raup Suara Tertinggi di Pileg dan Pilkada

William pernah jadi caleg termuda di DKI Jakarta

Intinya Sih...

  • William Aditya Sarana memperoleh 39.740 suara di Jakarta
  • Kriteria calon gubernur DKI Jakarta 2024 dari PSI harus mirip dengan Pak Jokowi 2012

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) William Aditya Sarana dipastikan lolos kembali ke DPRD DKI Jakarta. Bahkan, ia menjadi caleg dengan suara terbanyak di Jakarta dalam keikutsertaannya di Pemilu 2024, dengan total 39.740 suara.

Melalui sebuah wawancara virtual dengan IDN Times, William membocorkan strateginya mendulang suara tertinggi di Jakarta dan juga di Pilkada Jakarta yang akan diikuti PSI untuk pertama kalinya.

Baca Juga: Jokowi soal Isu Kaesang Maju Cawalkot Bekasi: Tanyakan ke PSI

Suara Anda dalam Pileg 2024 paling tinggi ya dibandingkan caleg DPRD lain? Berapa kursi yang akan didapat PSI di DPRD Jakarta nanti?

William PSI Bongkar Cara Raup Suara Tertinggi di Pileg dan PilkadaWilliam Aditya Sarana (IDN Times/Aryodamar)

Iya, 39.740 suara. PSI tahun 2019 dapat 8 kursi, sekarang juga delapan.

Ini merupakan pileg kedua yang Anda ikuti, bagaimana strateginya kali ini? Apa bedanya dengan Pileg 2019 sehingga suara 2024 paling banyak di Jakarta?

William PSI Bongkar Cara Raup Suara Tertinggi di Pileg dan PilkadaWilliam Aditya Sarana (dprd-dkijakartaprov.go.id)

Kalau perbedaan sih sebenarnya kalau 2024 kan gue sudah kerja selama lima tahun. Jadi sebenarnya di 2024 lebih mudah, dan biaya yang dikeluarkan lebih murah dibandingkan 2019.

Menurut Anda, lebih sulit Pileg 2019 atau 2024?

Jadi waktu 2019 lebih sulit karena pertama kali nyaleg, orang banyak belum percaya. Gak ada pengalaman. Jadi lebih sulit 2019.

Tapi memang 2024 awalnya agak sulit karena basis saya itu kan banyak yang pendukung Ganjar, sedangkan partai (PSI) pendukung Prabowo. Ada kekhawatiran di situ. Tapi setelah masuk bulan Januari Februari semakin banyak basis konstituen PSI yang sudah mulai menerima Prabowo.

Berapa anggaran yang dikeluarkan untuk kampanye pileg kali ini? Pos anggaran mana yang paling besar?

(Pileg) 2024 ini sekitar Rp300 jutaan saja. Kalau 2019 sampai Rp500-Rp600 juta. Sekarang lebih kecil karena saya sudah ada kerja, masyarakat sudah melihat kerja nyata kita di dapil, cost-nya justru jadi lebih rendah

Sebenarnya cuma mengingatkan kembali, gue sudah kerja ini loh untuk dapil bapak-ibu semua. (Pileg) 2019 itu belum ada kerja nyata, jauh lebih sulit meyakinkan masyarakat.

Saya belum bikin perbandingan sih. Tapi yang paling besar pasti biaya pertemuan dengan warga, harus menjamu masyarakat, beli makanan. Apalagi menjamu masyarakat middle class di restoran misalnya. Kedua pasti APK, pasang baliho, cetak spanduk, beli bambu.

Tahun ini ada pilkada, apa partai sudah mulai persiapan?

William PSI Bongkar Cara Raup Suara Tertinggi di Pileg dan PilkadaIlustrasi warga menggunakan hak pilih di TPS. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Kita pemilihan gubernur di Jakarta antara September atau November. Kita dari Fraksi PSI sudah bersiap menghadapi pemilihan gubernur.

Misalnya per hari ini sudah mencoba setidaknya memiliki kriteria calon gubernur DKI Jakarta 2024. Kriteria yang kita tetapkan adalah Gubernur DKI Jakarta 2024 dari Fraksi PSI harus mirip dengan Pak Jokowi 2012.

Kami melihat Pak Jokowi adalah seorang pemimpin yang merakyat dan berani melakukan eksekusi. Setelah Jakarta tidak lagi jadi ibu kota, dan Jakarta mengalami kepemimpinan yang tidak melakukan terobosan signifikan selama lima tahun ke belakang, maka di 2024 ini kita membutuhkan gubernur yang seperti Pak Jokowi.

Pak Jokowi melakukan terobosan dengan menciptakan KJP, KJS, berani memulai pembangunan MRT. Ketika Jakarta sudah bukan ibu kota, kita butuh pemimpin yang seperti Pak Jokowi. Kalau tidak, Jakarta akan kesulitan karena APBD kita diprediksi akan turun.

PSI sudah ada nama atau komunikasi dengan partai lain?

William PSI Bongkar Cara Raup Suara Tertinggi di Pileg dan PilkadaKetua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep bersilaturahmi dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Komunikasi informal pasti sudah dilakukan. Kami sih berharap koalisi yang akan dilakukan untuk Pilgub 2024 adalah Koalisi Indonesia Maju, yang hari ini mengusung Prabowo-Gibran. Jadi koalisinya permanen ke level daerah, termasuk ke DKI Jakarta.

Di situ ada PAN, Golkar, PSI, dan beberapa partai lain ya. Kami ingin koalisinya sama dengan koalisi pengusung Capres 2024.

Pilkada kan gak ada ambang batas, PSI mau majuin kader sendiri di Pilgub DKI?

William PSI Bongkar Cara Raup Suara Tertinggi di Pileg dan PilkadaGiring Ganesha (tengah) bersama Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie (kiri) di DPP PSI, Rabu (5/4/2023). (IDN Times/Melani Putri)

Sebagai partai politik pasti mau dong kadernya maju dalam pemilihan gubernur. Tapi kita juga harus lihat elaktibilitas politik yang ada.

Hari ini suara PSI 8 kursi. Maka kita berekspektasi minimal wakil gubernur yang kita usung datang dari PSI. Kita sudah ada beberapa nama, misalnya Grace Natalie.

Dia salah satu calon yang menurut kami memiliki kepercayaan publik yang tinggi. Terbukti suara sis Grace Natalie hampir 200 ribu, terbesar di DKI Jakara. Mungkin terbesar di Jakarta. Suara sis Grace juga meningkat seperti saya.

Menurut saya sis Grace layak diperhitungkan sebagai salah satu pemimpin Jakarta.

Sis Grace kira-kira mau dipasangkan dengan siapa?

William PSI Bongkar Cara Raup Suara Tertinggi di Pileg dan PilkadaWakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie (dok. PSI)

Kita belum sampai ke situ, karena kita belum bisa memprediksi secara jelas siapa calon yang akan maju. Yang pasti kita ingin berpasangan dengan calon gubernur yang memiliki komitmen nasionalisme yang kuat, dan memiliki komitmen yang tinggi untuk melanjutkan legacy Gubernur Jokowi 2012 dan memiliki sifat karakterisitik yang sama.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya