Akibat Hujan Deras, Gudang Logistik KPU Bekasi Sempat Tergenang

Tidak ada surat dan kotak suara yang rusak akibat genangan

Bekasi, IDN Times - Gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi yang berada di wilayah Kelurahan Kali Baru, Kecamatan Medan Satria, tergenang air setelah hujan deras mengguyur pada Selasa (9/1/2024) sore. 

Ketua KPU Kota Bekasi, Ali Syaifa, menjelaskan, saat hujan deras, sisi luar gudang sudah tergenang air setinggi 10 cm. Pihaknya pun langsung mencoba mengantisipasi genangan itu agar tidak masuk ke dalam gudang. 

"Di luar itu sudah pada level kurang lebih 10 centi, makanya kami mengkhawatirkan perlahan naik nanti masuk ke dalam gudang sehingga kami langsung melakukan koordinasi dan kami menghalau dengan seadanya SDM di gudang yang saat itu untuk menghalau air tidak masuk," jelasnya kepada jurnalis, Rabu (10/1/2024).

Baca Juga: Megawati: KPU, Bawaslu, Tolong Dong Kerja yang Benar!

1. Saluran air tidak berfungsi dengan baik

Akibat Hujan Deras, Gudang Logistik KPU Bekasi Sempat TergenangKetua KPU Kota Bekasi, Ali Syaifa. (IDN Times/Imam Faishal)

Selain karena hujan deras, lanjut Ali, genangan itu juga diakibatkan oleh saluran air yang tidak berfungsi dengan maksimal. 

"Sepertinya diawali dari saluran di sekitar gudang yang tidak lancar sehingga beberapa air keluar dari saluran yang dikhawatirkan masuk ke dalam gudang," katanya. 

Saat itu, dirinya juga sempat meminta bantuan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi yang memiliki mesin pompa. 

"Kami juga segera melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah khawatir terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan agar pemda menbantu kami menyiapkan peralatan yang bisa menyedot air," jelasnya. 

Baca Juga: Jokowi Minta Format Debat Lebih Baik, Mahfud MD: Terserah KPU

2. Tidak ada surat suara yang rusak

Akibat Hujan Deras, Gudang Logistik KPU Bekasi Sempat TergenangGudang logistik KPU Kota Bekasi. (IDN Times/Imam Faishal)

Dia juga memastikan, tidak ada surat suara atau kotak suara yang rusak akibat genangan tersebut. Sebab, pihaknya sudah menaruh perlengkapan logistik pemilu di atas palet. 

"Alhamdulillah aman semua tidak ada yang rusak, tidak ada yang basah. SOP yang diterapkan dalam menentukan bagaimana menetapkan tata letak logistik salah satunya yang krusial seluruh logistik kami tempatkan di atas palet," jelasnya.

Baca Juga: KPU Kembalikan Laporan Dana Kampanye 18 Parpol karena Belum Lengkap

3. Siagakan 5 mesin pompa air

Akibat Hujan Deras, Gudang Logistik KPU Bekasi Sempat TergenangGudang logistik KPU Kota Bekasi. (IDN Times/Imam Faishal)

Guna mengantisipasi tidak terjadi genangan kembali, KPU Kota Bekasi juga telah berkoordinasi dengan pemilik gudang agar saluran air dapat berfungsi. Selain itu, dirinya juga menyiagakan 5 mesin pompa air di sekitar gudang logistik. 

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak gudang agar saluran segera dirapikan. Kalau pompa yang sudah tersedia ada lima yang ada di lingkungan pergudangan," jelasnya. 

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Cek Logistik Pemilu 2024: 495 Kotak Suara Rusak di KPU Solo

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya