Jubir Menhan Tegaskan Pembelian Pesawat Mirage 2000-5 Dibatalkan

Pembatalan karena keterbatasan fiskal Indonesia

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak menegaskan, pembelian pesawat Mirage 2000-5 telah dibatalkan.

Hal ini diungkap setelah Prabowo Subianto diterpa isu korupsi dalam pembelian Mirage 2000-5. Padahal, sebelum berita media asing soal dugaan korupsi itu ramai, Kemenhan menyebut kalau pembelian Mirage 2000-5 ditunda.

“Keputusannya adalah dibatalkan pesawat ini, kemudian nanti apakah ada pertimbangan lain, yang jelas Pak Prabowo akan mencari pesawat yang terbaik,” kata Dahnil di Jakarta Selatan, Sabtu (10/2/2024).

Dahnil menjelaskan, pembatalan ini dilakukan dengan alasan keterbatasan fiskal Indonesia untuk memenuhi kebutuhan dalam aspek pertahanan.

“Namun karena ada keterbatasan fiskal, maka kemudian pembelian itu terpaksa kita batalkan, kemudian kita ganti opsinya menjadi Retrofit. Pesawat-pesawat lama kita itu diretrofit sebagai pengganti memastikan wilayah udara kita tetap terjaga,” kata Dahnil.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: TKN Bantah Prabowo Terima 7 Persen dari Harga Pembelian Mirage 2000-5

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya