2 Caleg Menteri dan 1 Wamen Kabinet Jokowi Lolos ke DPR RI

Dari sembilan menteri dan wamen nyaleg, ada tiga yang lolos

Jakarta IDN Times - Menjelang akhir masa pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo-Ma'ruf Amin, banyak menteri dan wakil menteri (wamen) di Kabinet Indonesia Maju mencoba peruntungan sebagai calon legislatif (caleg) DPR RI pada Pemilu 2024. 

Sebagai informasi, kabinet Jokowi terdiri dari empat menteri koordinator dan 30 menteri bidang yang diumumkan pada 23 Oktober 2019, dan telah dilantik sesuai Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 113/P Tahun 2019.

Berikut deretan caleg menteri dan wamen yang berpotensi besar menduduki kursi parlemen, berdasarkan penetapan rekapitulasi suara Pemilu 2024.

Baca Juga: Daftar Caleg Dapil Jabar V yang Lolos: Fadli Zon, Primus, hingga Adian

1. Menaker Ida Fauziyah lolos di dapil DKI Jakarta II

2 Caleg Menteri dan 1 Wamen Kabinet Jokowi Lolos ke DPR RIMenteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah. (dok. Kemnaker)

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah berhasil lolos di daerah pemilihan (Dapil) DKI Jakarta II, mencakup Kota Jakarta Pusat, Kota Jakarta Selatan, dan Luar Negeri. 

Berada di bawah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Ida berhasil mengantongi suara 76.092. Ia mempunyai suara tertinggi di partai dan jomplang terhadap suara tertinggi kedua di PKB, yakni Rafif Muhammad Rizqullah yang hanya meraih 27.916 suara. 

Di Dapil DKI Jakarta II, PKB berhasil mengumpulkan suara 202.696 di belakang Partai Amanat Nasional (PAN) dengan perolehan suara 207.623.

2. Menkumham Yasonna Laoly lolos di dapil Sumatra Utara I

2 Caleg Menteri dan 1 Wamen Kabinet Jokowi Lolos ke DPR RIMenkumham Yasonna Laoly (kemenkumham.go.id)

Menteri hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly mencalonkan diri sebagai caleg PDIP. Beruntung untuk Menkumham, partai banteng kepala moncong putih itu meraih suara nasional terbesar yang tentunya jauh di atas parliamentary threshold atau ambang batas parlemen.

Yasonna maju sebagai caleg untuk dapil Sumatra Utara (Sumut) I mencakup Kabupaten Deli Serdang, Serdang Bedagai, Kota Medan, dan Kota Tebing Tinggi. Ia berhasil mengantongi suara sebesar 83.045. 

Yasonna berada di belakang Sofyan Tan dengan 279.334 suara, tetapi berkat hasil suara nasional PDIP tertinggi, terbuka peluang mendapat dua kursi untuk dapil Sumut I.

Baca Juga: Rincian 84 Dapil untuk Kursi DPR, dari Aceh hingga Papua

3. Wamen Mendagri John Wempi Wetipo lolos Dapil Papua Pegunungan

2 Caleg Menteri dan 1 Wamen Kabinet Jokowi Lolos ke DPR RIWakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo melambaikan tangan usai bertemu Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho)

Terakhir, ada Wakil Menteri Dalam Negeri (Mendagri) John Wempi Wetipo yang berhasil lolos di Dapil Papua Pegunungan. 

Sama seperti Menkumham, John berada di bawah PDIP sehingga membuatnya berpeluang besar untuk mendapatkan kursi parlemen, walaupun tidak mempunyai suara individu yang tinggi. 

John berhasil mengantongi suara sebesar 163.775, adapun caleg lainnya yang berhasil mendapatkan kursi di Dapil Papua Pegunungan, yaitu Robert Rouw dari Partai Nasional Demokrat (NasDem) dengan 259.063 suara, Paulus Ubruangge dari Partai Amanat Nasional (PAN) 94.823 suara.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya