Panggil Anies ke Istana, Jokowi Beri 3 Arahan Penanganan COVID-19 DKI

Anies kata Riza langsung menggelar rapat usai dari Istana

Jakarta, IDN Times - Jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bertemu dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Selasa (15/6/2021) siang. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan bahwa Jokowi memberi sejumlah arahan untuk mengatasi adanya peningkatan kasus COVID-19 di DKI Jakarta secara signifikan beberapa waktu belakangan ini.

Riza menyebutkan setidaknya Jokowi memberikan tiga pesan dan arahan untuk menangani kondisi ini.

"Di antaranya pesan Pak Presiden implementasi di lapangan ditambahkan dikuatkan seperti dulu ada penjagaan, pengetatan," kata Riza DPRD DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa.

Baca Juga: COVID-19 DKI Alarm Keras! Jokowi Panggil Anies dan Tim ke Istana

1. Jokowi minta penggunaan masker di DKI ditingkatkan dan percepat program vaksin

Panggil Anies ke Istana, Jokowi Beri 3 Arahan Penanganan COVID-19 DKIWakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Kemudian yang kedua, Presiden kata Riza meminta penggunaan masker di DKI Jakarta ditingkatkan lagi persentasenya. Sebab, penggunaan masker dapat membantu kita terbebas dari penyebaran virus COVID-19.

"Yang ketiga pesan bapak presiden agar segera mempercepat program vaksinasi di jakarta, ditargetkan sampai akhir agustus sanpai 7,5 juta," ujarnya.

2. Usai berjumpa dengan Jokowi, Anies gelar rapat

Panggil Anies ke Istana, Jokowi Beri 3 Arahan Penanganan COVID-19 DKIGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan jadi inspektur Apel Patroli Skala Besar Gabungan pada Minggu (13/6/2021) malam (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Maka dari itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kata Riza langsung memimpin rapat di DKI bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) usai bertolak dari Istana.

"Insyallah 3 pesan itu yang penting, jadi implementasi di lapangan dikuatkan, kedua tadi program vaksinasi ketiga program 3M atau penggunaan masker ditingkatkan lagi," kata Riza.

"Kami langsung menindaklanjuti dalam rencana aksi, dan segera kami laksanakan mulai tadi rapat dan besok," ujarnya.

Baca Juga: Anies Bakal Tarik Rem Darurat Jika COVID-19 di DKI Tak Terkendali

3. Jokowi panggil Anies dan tim ke Istana

Panggil Anies ke Istana, Jokowi Beri 3 Arahan Penanganan COVID-19 DKIPeninjauan Kesiapan Penerapan Prosedur Standar New Normal di Sarana Publik, Jakarta, 26 Mei 2020 (Youtube/Sekretariat Presiden)

Jokowi bertemu dengan sejumlah pihak pada hari ini di Istana Negara. Dalam pertemuan itu, turut hadir Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi, Pangdam Jaya, Kapolda Metro Jaya, hingga para wali kota dan Kapolres di DKI Jakarta.

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengatakan Jokowi meminta Anies dan Forkopimda DKI Jakarta untuk terus menekan laju penularan COVID-19. Jokowi juga meminta agar pemerintah daerah dan sejumlah pihak terkait untuk lebih sering ke lapangan guna menangani virus corona ini.

 "Pak Presiden mengimbau sekarang masalahnya bukan ada di perkantoran atau di apa, karena masyarakat Jakarta secara persentase pemakaian masker. Itu obatnya cuma masker. Antara masker, pakai masker semua sudah 78 persen dan targetnya harus 95 persen," kata Prasetyo di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa.

Baca Juga: COVID-19 Mengkhawatirkan, Ketua DPRD Minta Anies Segera Lockdown Mikro

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya